Gambar_Langit

Masjid di Gelumbang Tidak Gelar  Solat Id

waktu baca 2 menit
Minggu, 24 Mei 2020 20:07 0 114 Admin Pelita

Muara Enim Pelita Sumsel – Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1441 H (24/05/2020 ) kali ini berbeda dibandingkan tahun lalu karena situasi wabah pandemi virus corona (Covid-19).

Pemerintah Pusat maupun daerah menganjurkan agar Solat Idhul Fitri sebaiknya dirumah saja bersama keluarga karena dikuatirkan adanya perkumpulan dan saling desakan dapat tertular jika berbenturan dengan Orang Tanpa Gejala(OTG), maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP), yang bisa saja terjangkit Covid-19.

Seperti Masjid Raya Babusalam Gelumbang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan ,pada 1 Syawal 1441 H pada Minggu (24/05), tidak melaksanakan solat Idhul Fitri berjamaah guna mengatisipasi kerumunan dan dianjurkan untuk solat dirumah saja. “Ya, tahun ini tidak ada solat Idhul Fitri di masjid raya Babusalam Gelumbang, dan kita anjurkan untuk solat dirumah saja guna mencegah kerumunan terkait wabah pandemi Covid-19.

” Ya, semoga wabah cepat hilang dan kita bisa berkumpul bersama lagi menjalankan ibadah , dan ini tentunya menjadi momentum bagi kepala keluarga untuk menjadi imam solat Idul Fitri bersama keluarga tentunya, ” ujar KA KUA Gelumbang H. Sukirman SAg pada media ini (24/05).

“Kami bersama keluarga solat Idhul Fitri dirumah saja dan alhamdulilah meskipun lebaran kali sangat berbeda namun tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19,” imbuh Sukirman.

Ditempat terpisah usai melaksanakan solat Idhul Fitri 1441 H, dan selaku menjadi Imam Solat Idhul Fitri bersama keluarga dirumah saja kali ini, Marzuki(40) warga Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim mengungkapkan, bahwa anjuran Pemerintah untuk salat Idhul Fitri untuk dirumah saja sudah kita laksanakan dan juga mentaati protokol kesehatan Covid-19.

” Ya, pakai masker solat bersama keluarga dan lebaran kali ini tidak kemana-mana takut wabah virus corona yang belum juga sirna .Lanjutnya, namun kita sayangkan terkait situasi pandemi masih banyak saja terlihat warga meremehkan situasi saat ini yang tidak pakai masker dan cuci tangan pakai sabun serta keluyuran sana sini pakai sepeda motor, ” pungakasnya. (NVJ)

LAINNYA