Gambar_Langit Gambar_Langit

Pasca Warga Ngamuk di Rumah Kades, Plt Bupati dan Kapolres Temui Warga Segayam

waktu baca 3 menit
Jumat, 22 Mei 2020 21:49 0 98 Admin Pelita

#Ajak Masyarakat Ciptakan Kedamaian

Muara Enim Pelita Sumsel – Peristiwa amukan ratusan warga kekediaman rumah Kades di Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim pada Jum’at malam dini hari (22/05), yang mengakibatkan rumah Kades tersebut, mengalami kerusakan pecah dibagian kaca jendela dan pintu serta satu buah mobil juga dirusak tersebut,terlihat pada Jum’at siang (22/05).

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra, SIk, dan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah, SH, didampingi Asisten 1 , Kadin Pemdes, Dinsos Kabuapaten Muara Enim ,Camat Gelumbang, Kapolsek Gelumbang, dibantu Kapolsek Lembak,serta para personil Polres Muara Enim mengadakan pertemuan dengan perwakilan masyarakat Desa Segayam yang bertempat di Kantor Deea Segayam. Dan hal tersebut, guna mengadakan duduk bersama membahas terkait permasalahan yang terjadi antara Kades Desa Segayam dan masyarakat Kampun 1 Desa Segayam.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaaputra, SIK, menegaskan bahwa peristiwa anarkis yang terjadi dirumah Kades Desa Segayam pada Jum’at malam(22/05), ditegaskan untuk yang terakhir dan pihak Kepolisian tidak segan-segan menindak tegas jika terjadi lagi anarkis.

“Dan kita himbau agar jika ada tuntutan dari warga atas adanya dugaan seorang Kades yang menurut warga menyelewengkan anggaran dana desa saat dia memimpin Desa tersebut, sebaiknya dilaporkan ke pihak inspektorat dan pihak Kepolisian tinggal menunggu hasil pemeriksaan inspektorat ,dan jika dari hasil pemeriksaan inspektorat seorang Kades disinyalir melanggar hukum akan kita ungkap dan kita periksa, ” ungkap Kapolres saat menemui para perwakilan masyarakat desa Segayam itu.

Dikatakan Kapolres, bahwa tindakan anarkis tidak dibenarkan dalam hukum dan kita tegaskan ini untuk yang terakhir khususnya diwilayah hukum Polres Muara Enim serta mari kita bersama-sama mendinginkan keadaan dan juga kita himbau agar anak-anak muda dari karang taruna Desa Segayam untuk menahan emosi
“Saya tegaskan kejadian ini untuk yang terakhir, dan semua pihak diminta untuk saling menjaga kerukunan dan lebih mengedepankan melalui musyawarah dan jika terjadi lagi anarkis kami dari pihak Kepolisian tidak segan-segan memberikan tindakan tegas, ” himbau Kapolres Muara Enim saat datang didesa Segayam itu.

Plt. Bupati Muara Enim H Juarsah, SH, saat hadir ditengah-tengah masyarakat didesa Segayam tersebut, mengatakan agar masyarakat dapat bersabar terkait perihal mengenai data bantuan dari Kemensos maupun BLT DD yang diperuntukkan bagi masyarakat didesa masing-masing. Lanjut Juarsah, terkait data yang menerima Bansos bahwa data yang lama masih muncul dari pusat tersebut, dan bukan murni kesalahan Kades karena data lama yang keluar dari dinas sosial data lama.

” Dan kita akan perbaiki kedepan data yang baru pada bulan Juli nanti pada Kemensos data yang valid untuk bantuan dari Kemensos Pusat seperti PKH, BPNT ,BST, maupun jenis bantuan lainnya. “Dan jika datanya sudah Valid kami minta harus di umumkan ke masyarakat agar tidak terjadi salah paham, “terang Juarsah.

” Mari kita jaga kebersamaan dan meminta para Camat dan pihak terkait untuk pro aktip memantau dan mengawasi perkembangan situasi Desa, Apalagi ini momen Ramadhan dan situasi saat ini tengah wabah pandemi virus corona mari sama-sama kita menjaga situasi yang kondunsip, ” ajak Plt. Bupati Muara Enim saat dikantor Desa Segayam bertemu masyarakat tersebut. Pantauan media ini tampak penjagaan ketat oleh aparat personil Polres Muara Enim dan personil TNI Koramil 404-01 turun guna mengatisipasi keadaan atas terjadinya tindakan aksi anarkis yang terjadi dikediaman rumah Kades Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabuapaten Muara Enim tersebut. (NVJ)

LAINNYA