Home / DAERAH / MUARA ENIM / Dana BLT DD di 21 Desa di  Muara Enim Belum Cair 

Dana BLT DD di 21 Desa di  Muara Enim Belum Cair 

Muara Enim Pelita Sumsel – Dampak Covid-19 tentunya sangat dirasakan masyarakat khususnya didesa-desa yang terkena dampak sosial wabah pandemi corona virus saat ini.  Terlebih saat ini keberadaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT DD), yang menjadi harapan masyarakat guna menunjang biaya hidup di situasi Covid-19 saat ini.  Terkait ada beberapa Desa di Kabupaten Muara Enim yang sudah mendapatkan BLT DD dan masyarakat tentunya merasa terbantu tersebut, namun mirisnya ada juga Beberapa Desa yang belum menerima BLT DD .

Sudah banyak warga desa yang sudah menerima BLT Dana Desa di Kabupaten Muara Enim. Namun masih ada warga Desa yang belum menerima BLT Dana Desa. Hal ini jelas menimbulkan kecemburuan bagi warga yang belum menerima BLT Dana Desa, bahkan bisa menimbulkan permasalahan dan reaksi bagi warga yang belum menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) .

Tentu saja karena BLT DD tersebut bersumber dari Dana Desa, maka sudah jelas ketika dana desa itu sudah cair baru bisa di distribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Namun sebaliknya kalau Dana Desa belum cair, mau membagikan BLT DD pakai dana apa.

Seperti yang disampaikan Herliadi, Kepala Desa (Kades) Desa Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu ( SDU) Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, yang dana desanya sampai saat ini belum cair.

“Ya, bagaimana bisa membagikan BLT Dana Desa kalau Dana Desa belum cair ” ujar Herliadi, selaku Kades Pajar Bulan Kecamatan Semende Darat Ulu ( SDU) yang dana desanya belum cair tersebut,Kamis (21/05).

Dikatakan Herliadi, ada 21 Desa di Kabupaten Muara Enim yang belum cair dana desanya yaitu di Kecamatan Muara Enim seperti didesa Muara Harapan, Kecamatan Rambang Niru Desa Manunggal Makmur, Kecamatan Empat Petulai Dangku Desa Dangku, Siku, Pangkalan Babat dan Desa Kuripan Selatan, Kecamatan Gelumbang Desa Paya Bakal, Taling Taling, Suka Jaya, Betung, Sigam, dan Desa Gumai, Kecamatan Lawang Kidul Desa Keban Agung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) Desa Tebing Abang, Kecamatan Semende Darat Ulu ( SDU) Desa Pajar Bulan, Kecamatan Lembak Desa Lubuk Enau, Kecamatan Belimbing Desa Teluk Lubuk, Kecamatan Belide Darat Desa Tanjung Bunut dan Desa Talang Balai.

“Keterlambatan pencairan Dana Desa (DD) ini, akan sangat membuat keresahan masyarakat Desa yang sangat mengaharapkan bantuan BLT dana desa karena terdampak covid – 19. Sementara ada desa yang dana desanya sudah cair, masyarakatnya sudah bisa menikmati pembagian BLT Dana Desa,” jelasnya.

Terkait permasalahan ini, Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa, Emran Tabrani waktu dicoba mengkonfirmasi melalui nomor telponnya, dalam keadaan tidak bisa dihubungi. Sedangkan melalui pesan WA, sampai berita ini ditayangkan belum memberikan penjelasan kepada awak media. (NVJ)

Bagikan Ini Di :