Home / DAERAH / PAGAR ALAM / Jelang Lebaran, Pagaralam Ikut Panen Padi

Jelang Lebaran, Pagaralam Ikut Panen Padi

Palembang, Pelita Sumsel – Bulan ramadhan segera akan pergi meninggalkan kita dan lebaran tinggal menghitung hari. Tidak seperti ramadhan yang akan segera berakhir, sepertinya wabah corona ini masih enggan untuk ikut pergi meninggalkan kita.

Hari demi hari saat ini dipenuhi akan banyaknya kekhawatiran di hati masyarakat. Kekhawatiran terbesar adalah akan dampak buruk corona bagi kesehatan dengan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang masih terbatas jumlahnya dan ketersediaan pangan dilapangan akankah mencukupi hingga wabah ini pergi menghilang. Tentu saja ini merupakan PR dan tugas yang berat untuk kita semua terutama bagi pemerintah.

Pemerintah saat ini memiliki tugas yang luar biasa beratnya, selain harus menjaga kesehatan penduduknya dari serangan wabah ini yang cukup mematikan, juga harus menjaga kestabilan kehidupan masyarakatnya khususnya dibidang pangan melalui ketersediaannya yang mencukupi di lapangan. Dengan pangan yang cukup tersedia, minimal permasalahan pangan di masyarakat tidak terjadi seperti yang ada di beberapa negara yang berdampak covid 19 ini.

Tugas berat pemerintah ini terutama diamantkan kepada petani. Sebagai pejuang pangan di garda terdepan, petani diharapkan mampu dan siap menjalankan tugasnya untuk selalu menyediakan pangan di masyarakat dengan melakukan aktifitas bertani sepanjang waktu walaupun di masa pandemi corona ini.

Pelaksanaan tugas berat ini salah satunya ditunjukkan oleh para petani yang ada di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Pagar Alam merupakan salah satu daerah yang terkenal hampir mirip dengan daerah puncak yang ada di Pulau Jawa.

Dengan ketinggian daerah mencapai lebih dari 800 m dpl, kita bisa melihat berbagai macam jenis komoditi pertanian yang dihasilkan dari daerah ini, mulai dari perkebunan, komoditi hortikultura dan komoditi tanaman pangan yang tumbuh subur sepanjang mata memandang termasuk juga potensi perikanannya.

Saat ini hampir seluruh petakan sawah yang ada di daerah ini berlomba lomba menunjukkan hasilnya. Para petani disini juga sedang mengalami panen raya. Seperti yang dilaporkan oleh salah satu PPL yang ada di Pagar Alam, Ria Yolanda, SP.

“Dari pantauan yang sudah dilakukannya dilapangan, beberapa kelompok tani seperti Kelompok Beganti di Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kelompok Persada di Kecamatan Dempo Utara, Kelompok Sepakat di Kecamatan Kota Pagar Alam. Saat ini ketiga kelompok ini sedang melakkan panen raya,” ungkapnya

Data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Kota Pagar Alam menunjukkan potensi lahan sawah di Pagar Alam mencapai 7rb Ha dengan luas panen sampai saat ini mencapai hampir 2rb Ha. Melalui panen raya ini, petani Pagar Alam pun siap membantu pemerintah menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat ditengah wabah pandemi corona ini. (Yfr)

Bagikan Ini Di :