Gambar_Langit Gambar_Langit

Pemerintah Harus Progresif Beri Sanksi Setimpal Buat China

waktu baca 1 menit
Jumat, 8 Mei 2020 16:21 0 113 Admin Pelita

Jakarta, Pelita Sumsel – Muchamad Nabil Haroen, anggota DPR dari Fraksi PDI P minta pemerintah melakukan investigasi terkait dugaan pembuangan anak buah kapal asal Indonesia oleh kapal China yang berhasil diberitakan oleh stasiun televisi Korea Selatan, MBC News pada Selasa (5/5/2020).

“Saya meminta pemerintah serius melakukan investigasi berdasar hukum yang berlaku”, ujar Nabil di Jakarta jumat (8/5/2020).

Ia menduga ada perbudakan modern, modern slavery, yang tersembunyi atau tidak diketahu dan bahkan ada pembiaran saat terjadi ditengah tengah laut.

Dengan membuang jasad ABK Indonesia yang sakit dan meninggal, katanya. “Ini sungguh perilaku biadab dan pelecehan terhadap Indonesia,” tambahnya

Parlemen sangat mengecam keras tindakan brutal pembuangan jasad ABK di laut.

“Harus ada sanksi yang setimpal bagi China jika memang melakukan tindak kriminal dan perbudakan modern. Saya kira perlu ada tindakan progresif dari pemerintah”, tukasnya.

Pemerintah Indonesia melalui Kemenlu RI telah meminta KBRI Beijing untuk mengkonfirmasi hal ini. Yang hingga berita ini dibuat belum ada respon resmi dari pemerintah China. (oce)

LAINNYA