Gambar_Langit

Gerak Cepat Penanganan Korban Banjir, Bupati Kholid Pimpin Evakuasi dan Bagikan Sembako

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Mei 2020 17:31 0 82 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Langkah cepat langsung dilakukan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi dalam membantu masyarakat yang menjadi korban banjir khususnya yang berada di sepanjang aliran sungai Komering. Dimana, Bupati langsung mengumpulkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk secara urunan membantu seluruh warga yang terdampak banjir.

Melalui Gerakan Sosial Kemanusian, ribuan paket sembako yang terkumpul tanpa menggunakan APBD tersebut, langsung diserahkan kepada warga yang rumahnya terendam banjir. “Banjir ini belum bisa dikategorikan bencana karena merupakan kiriman dari Kabupaten OKU Selatan dan belum terjadi dalam tiga hari, maka kita belum bisa menggunakan anggaran daerah. Tapi kita langsung gerak cepat untuk membantu warga yang terkena banjir dengan cara urunan. Dimana fokusnya bantuan diberikan dalam bentuk sembako, air bersih dan lainnya,” ujar Bupati, Minggu (10/5/2020).

Dikatakan Bupati, kondisi air saat ini masih mengalami pasang surut. Dimana dampaknya masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas. Oleh karena itu, Bupati memimpin langsung memberikan bantuan secara simbolis baik kepada korban yang dirumah maupun yang berada di tempat pengungsian. ” Selain sembako akan kirim nasi juga karena masyarakat tidak bisa keluar. Bila perlu akan didirikan dapur umum,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah menambahkan, banjir di OKU Timur tersebar di 5 kecamatan dengan total rumah yang terendam sebanyak 3.522 KK. “Bantuan paket sembako sudah disalurkan sejak Sabtu kemarin, dan hari ini sesuai arahan pak Bupati setelah dilakukan urunan akan disalurkan lagi sembako sebanyak 2.000 paket. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat,” pungkasnya. (fah)

LAINNYA