Gambar_Langit Gambar_Langit

Minim Sinyal, Kades Ini Gunakan Radio HT untuk Berkomunikasi

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Mei 2020 17:41 0 113 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Minimnya Keberadaan sinyal telekomunikasi di wilayah Desa Pelawi, Kecamatan Buay Rawan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, sehingga menyulitkan untuk komunikasi melalui hndphone (Hp) seluler Kartu Prabayar, terutama yang dirasakan oleh seluruh perangkat Desa di wilayah ini, membuat pemerintah Desa Pelawi Kecamatan Buay Rawan,pada tahun 2018 berinisiatif melalui Dana Desa bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara(APBN)yang diterima oleh Desa Pelawi, untuk membeli alat Komunikasi Radio HT. untuk melancarkan Komunikasi para Perangkat Desa yang ada di Desa Pelawi, terutama menyangkut urusan Kedinasan di Desa.

“Akibat cukup sulitnya Hp seluler di Desa Pelawi, kadang untuk menghubungi serta berkomunikasi dengan para perangkat Desa sangat susah, terutama berkomunikasi dengan para kepala Dusun (Kadus) karena minimnya sinyal Telekomunikasi di Desa ini, Apalagi jika ada kejadian kejadian yang harus cepat di informasikan serta lanjuti,”ujar Kepala Desa Pelawi,Agus Salim,saat berbincang dengan Pelita sumsel, Minggu(3/5).

Namun menurut Kades Pelawi, Kesulitan untuk berkomunikasi dengan para Desa selama ini melalui Hp tersebut sekarang bisa di atasi sejak menggunakan Radio HT yang ada saat ini.

Disambung Kades Pelawi, setiap perangkat Desa Pelawi saat ini diwajibkan agar radio HT yang ada serta dimiliki oleh para desa harus selalu stanby serta aktif.

“Kegunaannya untuk meluncarkan Komunikasi terkhusus di wilayah Desa ini bagi seluruh perangkat Desa Pelawi,” jelasnya

Ditambahkan Kades Pelawi, Agus Salim, akibat sulitnya sinyal telekomunikasi di desa ini, pada tahun 2017 lalu pernah ada kejadian tindakan kriminal di salah dusun Desa ini, lambat dilaporkan oleh kadus setempat ke dirinya selaku kepala desa. selain sulit sinyal komunikasi ditambah cuaca saat kejadian hujan serta medan sulit, jadi baru bisa di beritahukan atau dilaporkan esok harinya, keburu penjahatnya lari jauh,”ucap kades Pelawi.

“Berkaca dari pengalaman tersebut serta untuk mengantisipasi serta meningkatkan kesiagaan para perangkat Desa sekaligus melancarkan Komunikasi para perangkat di Desa pelawi maka dibelilah Radio HT saat ini,” tukasnya.DK

LAINNYA