Home / NEWS / POLITIK / Tujuh Pilkada di Sumsel Resmi Ditunda 2021
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020

Tujuh Pilkada di Sumsel Resmi Ditunda 2021

Palembang, Pelita Sumsel- Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana membenarkan bahwa Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 7 Kabupaten/Kota di Sumsel pada tahun 2020 ini resmi ditunda.

Penundaan ini sebagaimana keputusan bersama Komisi II DPR, Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKPP yang secara bersama setuju Penundaan Pilkada 2020 dan Pilkada lanjutan akan dilaksanakan tahun 2021.

Tangkapan layar surat kesimpulan RDP Komisi II DPR RI dengan MEndagri, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI Senin (30/3)

“Pilkada tahun 2020 dianggap berlangsung sampai tahapan penundaan sekarang dan nantinya tahapan akan dilanjutkan jika sudah ditetapkan hari pencoblosan baru, yang dinamakan pemilu lanjutan atau pilkada lanjutan. Jadi, Pilkada serentak di Indonesia khususnya di 7 Kabupaten/Kota di Sumsel resmi ditunda,” ungkapnya Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana

Diketahui, adapun daerah yang mengadakan perhelatan pilkada serentak di Sumsel yaitu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara). Kemudian, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, dan OKU Timur.

Penundaan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini berkaitan dengan permasalahan bencana Covid-19 atau virus Corona, dimana penundaan tersebut juga Komisi II DPR RI meminta kepala daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 merealokasi dana Pilkada serentak 2020 yang belum terpakai untuk penanganan pandemi Covid-19.(yfr)

Bagikan Ini Di :