Gambar_Langit

DRA Kucurkan Rp 6,1 M Antisipasi dan Pencegahan Covid-19

waktu baca 3 menit
Sabtu, 21 Mar 2020 20:06 0 100 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Kesiapsiagaan Kabupaten Musi Banyuasin dalam antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 sangat all out, dibawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin, OPD di lingkungan Pemkab Muba pro aktif dalam memberikan edukasi kepada warga Bumi Serasan Sekate hingga ke kawasan pelosok dengan melibatkan Forkopimda, Ormas, dan Organisasi Kepemudaan.

Tidak hanya itu, bahkan Rencana Jumat (27/3/2020) nanti di saat daerah lain di Indonesia terutama Sumsel belum melaksanakan ravid tes Covid-19, justru TIM Medis Sesuai Arahan Bupati Muba Dodi Reza akan melaksanakan ravid test Covid-19 secara gratis untuk warga Muba Sesuai Tindaklanjut dan Arahan Bapak Mendagri Tito Karnavian Ujarnya

“Kita sudah siapkan anggaran Rp6,1 Miliar dan salah peruntukan dana tersebut untuk membeli peralatan seribu ravid tes ini yang akan dilaksanakan di Muba dan mulai 27 Maret nanti,” ungkap Dodi Reza usai mengikuti Rapat Kesiapsiagaan Penanganan COVID-19 dengan Mendagri Prof Tito Karnavian PhD di Griya Agung, Sabtu (21/3/2020).

Dikatakan, pelaksanaan ravid test tersebut akan dilakukan secara random kepada warga Muba di setiap Kecamatan. “Nanti petugas medis dari Muba yang akan mendata, yang jelas ravid tes ini dilakukan supaya virus berbahaya ini tidak masuk ke wilayah Muba,” tegasnya lagi.

Lanjut Dodi, meski Pemerintah pusat sudah mengalokasikan peralatan ravid tes namun Pemkab Muba akan lebih memaksimalkan pencegahan antisipasi penyebaran virus corona agar tidak menyebar di Muba.

“Ya, kan saat ini yang dari Pemerintah pusat masih menunggu, prinsipnya kan kita harus sigap dalam pencegahan,” terangnya.

Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik Indonesia ini juga menambahkan, saat ini dalam upaya pencegahan virus corona, Pemkab Muba meniadakan seluruh kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa.

“Sosialisasi dan edukasi terus berjalan, OPD dan elemen lainnya terus pro aktif di Muba. Bahkan, fasilitas kebutuhan hand sanitizer dan tempat cuci tangan kita siapkan di setiap titik-titik Ruang Publik di wilayah Muba,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Prof Tito Karnavian PhD mengapresiasi upaya Pemkab Muba yang sangat sigap dan pro aktif dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan penyebaran virus corona.

“Langkah cepat dan pro akfif tersebut sangatlah tepat. Saya berharap agar semua Kepala Daerah benar-benar serius dalam pencegahan virus corona ini,” imbuhnya.

Mantan Kapolri ini menambahkan, dirinya meminta agar setiap daerah terus memberikan edukasi kepada warga untuk antisipasi dan menunda semua kegiatan yang bersifat menimbulkan kerumunan massa. “Ini demi kebaikan bersama, Alhamdulillah Sumsel zero yang positif terkena wabah virus corona, mari kita jaga bersama ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan menghadiri Rapat Kesiapsiagaan Penanganan COVID-19 dengan Mendagri Prof Tito Karnavian PhD tersebut Bupati Muba Dr Dodi Reza turut didampingi Sekda Muba Drs Apriyadi MSi, Plt Kepala BPBD Muba Indita Purnama, Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah, dan Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP.(Rill/Ron)

LAINNYA