Home / Warga Kelurahan Lawang Kidul Keluhkan Belum Tersentuh PTSL

Warga Kelurahan Lawang Kidul Keluhkan Belum Tersentuh PTSL

Palembang, Pelita Sumsel — Warga Ketua RT 13, Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir TImur III Palembang, mengeluhkan belum tersentuhnya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diwilayahnya, kepada anggota Komisi II DPR RI, Fraksi Gerindra, Renny Astuti, saat tengah melakukan kunjungan kerja reses di Dapil Sumsel I, Kota Palembang, Minggu (15/03/2020).

“Program pemerintah Pedaftaran Tanah Sistematis Lengkap, hingga saat ini belum kami rasakan, padahal kami ini berada di tengah Kota, entah kenapa kami belum mendapat program tersebut,” kata Deni Tarmiji, Ketua RT 13 saat penyampaian asipirasinya.

Penyampaian Deni Tarmiji dibenarkan Yunus, perwakilan pihak kecamatan Ilir Timur III Palembang. Menurutnya momen ini memang dinanti warga agar dapat menyampaian aspirasi langsung kepada anggota DPR RI yang membidangi pertanahan.

“Memang benar diwilayah sini masih banyak yang belum memiliki sertifikat tanah. Disiniilah kesempatan kami untuk melaporkan permasalahan yang selama ini kami rasakan. Dari bebrapa sumber menyebutkan nama besar ibu, selain berlatar belakang notaris/ppat saya membaca, Ibu merupakan mantan aktivis perempuan yang pernah turun kejalan memperjuangkan hak-hak rakyat kecil atas kepemilikan tanah. Sekiranya ini dapat menjadi perhatian ibu, saat melakukan rapat bersama di DPR RI nantinya,” kata Yunus.

Anggota Komisi II DPR RI F-Gerindra, Renny Astuti mengaku kaget, masih ada wilayah ditengah kota yang belum memiliki surat kepemilikan atas tanah.

“Tentu ini menjadi perhatian, kami akan mendorong ATR/BPN untuk lebih giat lagi mensosialisasikan program PTSL yang saat ini ditarget Presiden rampung tahun 2024 mendatang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kepastian hukum atas tanah yang ditempati masyarakat,” kata Srikandi Fraksi Partai Gerindra ini. ((Yfr)

Bagikan Ini Di :