Gambar_Langit Gambar_Langit

Lestarikan Kearifan Lokal, Pelantikan Pjs Kades Muncak Kabau Diarak Pamong Desa Serta Pakai Adat Komering 

waktu baca 2 menit
Rabu, 11 Mar 2020 18:06 0 169 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Camat Buay Pemuka Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP melakukan pengambilan sumpah jabatan pelantikan Penjabat sementara (Pjs) Kepala Desa Muncak Kabau, dari pejabat sebelumnya Murzani yang dikarenakan habis masa jabatan ke Pjs Herlin, SE dari ASN. Rabu (11/03/2020) di Balai Desa Muncak Kabau.

Ada yang unik dalam prosesi pengambilan sumpah jabatan Pjs ini, selain menghadirkan penceramah Kh. Fauzan Thohir, S.Sos.I juga rangkaian acara diisi dengan adat dan budaya lokal seperti arak-arakan yang diikuti pamong desa serta diiringi alat musik tradisional kulintang, seni pencak silat lokal dan pisaan dibawakan tokoh masyarakat setempat.

“Dengan prosesi ini kita harapkan bisa membangkitkan budaya leluhur komering yang sarat makna dan filosofi keagungan, wibawa, persaudaraan dan aura sebagai putra putri Daerah nya sangat kental dengan budaya,” kata Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP dalam sela-sela kegiatan.

Pjs Kades Muncak Kabau Herlin, SE saat diarak Pamong Desa dan diiringi alat musik tradisional serta seni beladiri lokal

Di samping itu lanjut dia, kita percaya pada momentum ini awal yang berkelanjutan untuk terus berbakti melayani masyarakat. Sebab jelas Pjs mengemban tugas dan menjaga amanah rakyat dengan sebaik mungkin. “Kemajuan desa menjadi tanggung jawab kepala desa untuk memberikan kesejahteraan pada masyarakat. Saya percayakan kepada pjs kades agar dapat melanjutkan tugasnya selaku kepala desa,” jelasnya.

Pelantikan kepala desa ini kali pertamanya dilakukan dengan gelaran prosesi adat Komering, menuru Camat ini bentuk kecintaan dengan adat sehingga dapat melengkapi pelantikan dan berharap kedepan kecamatan BP Bangsa Raja dapat aman dan tentram. “Selamat kepada PJS yang baru dilantik, laksanakan tugas dengan baik utamakan kepentingan rakyat,” imbuhnya.

Sementara Pjs kepala Desa Herlin SE mengatakan, dengan dirinya dilantik menjadi kepala desa, dirinya telah memiliki niatan rencana kedepan selain dapat memajukan desa muncak kabau lebih baik lagi dari sebelumnya, juga akan memberikan pelayanan terbaiknya di masyarakat.

“Hal ini menjadi agenda utamanya untuk perbaikan dan perbenahan disegala bidang termasuk infrastruktur dan kemajuan ekonomi rakyat dan pelayanan lain tumbuhkan kenyamanan bagi masyarakat,” pungkasnya.(*)

LAINNYA