Gambar_Langit Gambar_Langit

Tingkatkan Keandalan, PLN Ganti Trafo di Gardu Induk Sekayu

waktu baca 2 menit
Jumat, 6 Mar 2020 21:38 0 246 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Untuk terus memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Musi Banyuasin, PLN akan melakukan penggantian trafo Gardu Induk Sekayu sebesar 30 mega volt ampere (MVA) yang telah beroperasi sejak Tahun 2017 lalu. Rencananya, penggantian itu akan memakan waktu 4 hari yang dimulai hari ini (6/3).

Hal ini disampaikan oleh Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang, Nanang Prasetyo dalam siaran pers-nya Jumat (6/3).

“Pekerjaan ini harus dilaksanakan segera untuk mempertahankan kinerja trafo agar jangan sampai terjadi kerusakan. Ini merupakan salah satu pekerjaan _preventif_ kita, berdasarkan pengamatan dan evaluasi yang baik, maka kerusakan dapat dicegah dan diantisipasi sebelumnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, karena pekerjaan ini akan ada penurunan tegangan, namun tidak sampai terjadi pemadaman. Hal ini dikarenakan pasokan listrik ke Kabupaten Muba dan sekitarnya akan dialihkan ke Gardu Induk Betung selama pekerjaan berlangsung.

“Penurunan tegangan ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya padam, dengan memindahkan suplai dari GI Sekayu ke GI Betung. Karena adanya jarak suplai yang cukup jauh, maka mempengaruhi kualitas tegangan. Hanya 4 hari dan Insya Allah setelah selesai akan lebih baik dan handal dari sebelumnya,” ungkap Nanang.

Dirinya juga mengatakan bahwa pekerjaan ini telah disampaikan ke pemerintah daerah, pelanggan-pelanggan krusial serta masyarakat melalui PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sekayu.

“Untuk pelayanan publik, seperti rumah sakit dan PDAM sudah kami lakukan penyesuaian pada trafo distribusinya atau kita koordinasikan kesiapan gensetnya. Sehingga diharapkan pelayanan ke masyarakat tidak terganggu,” imbuhnya.

“Mohon doanya agar dapat pekerjaan berjalan lancar dan tepat waktu sehingga pasokan listrik dapat segera normal kembali. Kita upayakan semaksimal mungkin tidak ada padam, jika terjadi padam lebih dikarenakan gangguan yang bersifat lokal saja. Untuk itu masyarakat dapat menghubungi Contact center PLN di nomor telepon 0711 123 atau 0714 123,” tutupnya.(Rill/Ron)

LAINNYA