Gambar_Langit Gambar_Langit

Pulang Umrah, Seorang Warga Prabumulih di Isolasi Diduga Terkena Corona

waktu baca 2 menit
Selasa, 3 Mar 2020 16:57 0 140 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Seorang warga Prabumulih, Sumatera Selatan yang baru pulang dari beribadah umrah di Tanah Suci, berinisial M (64), harus harus diisolasi dan dievakuasi ke Rumah Sakit Mohamad Hosein (RSMH) Palembang, karena suspect virus corona.

Informasi yang dihimpun, yang bersangkutan tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang pada Selasa, (3/3) sekitar pukul 10.20 WIB menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan (JT 89) dari Jeddah, Arab Saudi.

Namun, saat dilakukan monitoring kesehatan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, M dinilai tidak memenuhi kriteria dengan hasil diagnosa Suspect-Mers- Covid-19, sehingga harus diisolasi dan kemudian dievakuasi ke RSMH dengan penanganan khusus sekitar pukul 14.10 WIB.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, dr Fenty, membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, saat pemeriksaan kesehatan pasien yang bersangkutan tidak memenuhi kriteria, sehingga diambil tindakan antisipasi lebih lanjut.

“Iya benar, yang bersangkutan saat ini sudah dievakuasi ke RSMH Palembang untuk pemeriksaan lebih lanjut,” katanya, Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, langkah tersebut berupakan bentuk antisipasi dalam merespon wabah virus corona yang belakangan waktu terakhir sudah menyebar ke beberapa negara termasuk Indonesia.

Sementara itu, Humas RSMH Palembang, Ahmad Suhaimi, membenarkan adanya seorang pasien yang merupakan jemaah umrah dievakuasi ke RSMH Palembang. Saat ini, pasien tersebut telah ditempatkan di ruang isolasi guna pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh tim dokter.

“Iya benar, diisolasi sesuai dengan prosedur. Untuk perkembangan lebih lanjut saya belum tahu, dan nanti disampaikan,” tutupnya (Ron)

LAINNYA