Gambar_Langit

MTQ OKI ke 29 Syiar Alquran Hingga Pelosok Desa

waktu baca 2 menit
Rabu, 19 Feb 2020 11:41 0 103 Redaktur Romadon

 

Oki, Pelita Sumsel – Beragam cara dilakukan untuk memperkokoh syiar keislaman di tengah masyarakat. Termasuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Menariknya kegiatan ini justru berlangsung di kecamatan dan tidak dilakukan di pusat kota.
.
Pada 2020 MTQ tingkat Kabupaten OKI digelar di Pondok Pesantren Al Furqon Desa Pampangan Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI dan dibuka langsung oleh Bupati OKI, H. Iskandar, SE pada Rabu (19/2).
.
.
Gelaran MTQ kali ini mengambil tema mensyiarkan Alqur’an sebagai rahmatan lil alamin.

”Kita syiarkan Alqur’an sebagai kitab rahmat bagi seluruh alam, agar rahmat-NYA itu senantiasa menaungi kita sebagai warga masyarakat Ogan Komering Ilir” ujar Bupati OKI, H. Iskandar, SE.
.
Dalam MTQ ini ada delapan belas kecamatan yang mengirimkan kafilah yang akan melaksanakan dan menunjukan syiar keagamaan dan syiar keislaman.
.
Bupati Iskandar mengatakan, Selain MTQ tidak dilakukan di pusat kota melainkan di pedesaan agar semarak keagamaan terasa hingga desa-desa.
.
”Ketika dibacakan lantunan ayat suci Alqur’an tadi, saya teringat gebyar acara luar biasa dan MTQ ini jadi kebanggaan umat Islam,” imbuh Iskandar. Hal ini menunjukkan MTQ semakin mengokohkan pribadi Muslim.

Selain itu, Iskandar juga menyorot dampak sosial kemasyarakatan atas digelarnya kegiatan ini termasuk dampak ekonomi bagi warga sekitar.
.
“Bukan sekadar seremonial atau rutinitas dilakukan setiap saat. Ada fungsi sosial dengan diinapkannya para kafilah dirumah-rumah warga serta dampak ekonomi bagi warga sekitar” imbuhnya.
.
”Mari gebyarkan MTQ di tahun selanjutnya, bukan hanya jadi juara melainkan silaturahim, kolaborasi, dan kebersamaan serta peningkatan kualitas keimanan yang akan dituju,” kata Iskandar.
.
Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKI, Syamsudin, SH.i mengatakan selain jadi ajang syiar Alqur’an gelaran MTQ juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah di Kabupaten OKI.

“Sebagai tuan rumah tentu kecamatan Pampangan merasa berbangga bersama masyarakat kami akan sekuat tenaga melayani semua kafilah” Ujar Dia.

Syamsudin juga berterimakasih atas dukungan dan peran kolaborasi dan silaturahmi dari semua pihak atas penyelenggaraan MTQ kali ini

“Nilai kebersamaan persaudaraan dan persaudaraan muncul. Bahkan tahun ini dukungan dari berbagai sponsor dunia industri dan usaha berkolaborasi” ujar dia.
.
Senada Pimpinan Ponpes Al Furqon Pampangan, KH. Khoiri, HZ yang mengaku terhormat telah dipercaya sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten OKI 2020.
.
“Kami akan berusaha memberi yang terbaik dan tentu menjadi tuan rumah yang baik” tandasnya.(Arl/ril)

LAINNYA