Gambar_Langit

Deputi Layanan Publik Kemenpar-RB Tinjau Kesiapan Mal Pelayanan Publik

waktu baca 3 menit
Senin, 17 Feb 2020 19:45 0 83 Admin Pelita

 

Palembang, Pelita Sumsel – Deputi Layanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi RI Diah Natalisa, Senin (17/2) meninjau langsung kesiapan Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di jalan Gubenur H.Bastari Jakabaring Palembang.

Lebih dari dua jam, kakak kandung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ini mengeliling gedung seluas 12 ribu meter persegi dengan luas lahan keseluruhan 2 Ha, nampak satu persatu pelayanan publik dan fasilitas pendukung di MPP itu tidak luput dari tinjaunnya.

“Dari beberepa kunjungan saya MPP yang ada, milik Pemkot Palembang ini paling luas dan memiliki pelayanan publik yang terbilang komplit bisa, dari 24 MPP yang telah diresmikan serta 30 MPP dalam pendampingan, milik Palembang bisa dibilang MPP ini yang terbaik di Indonesia”, tegasnya.

MPP yang dipersiapkan untuk di launching awal Maret ini, juga memiliki pelayanan eksternal pemerintah yang paling lengkap mulai dari, Ombusdman, Ikatan Arsitektur, Pos, BPN, ruang konsultasi hukum Kejaksaan negeri, Kemenag, Polri, Imigrasi BPJS, per Bankan, menjadi one stop service area terlengkap pelayanan kesehatan BPJS Palembang, tak ketinggal ruang literasi (baca) dan space untuk komunitas.

Sedangkan untuk internal di MPP juga sudah bisa untuk memberikan pelayanan Disdukcapil, BPPD, PDAM Kesbangpol, PU, Dishub, Perdagangan, Perindustrian, DLHK.

“Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu milik Palembang ini selalu mendapatkan nilai A bertahun tahun dalam pelayanan publik berdasarkan evaluasi kami,” kata Diah.

Dengan kelengkapan pelayanan publik yang telah dimiliki ini, MPP Palembang untuk bisa meningkatkan akuntabilitas dalam pelayanan publik. bagaimana pelayanan publik bersatu padu dalam memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Kami berharap dengan layanan yang baik, menyebakan masyrakakat tahu jika di Palembang hadir pelayanan one stop area, jadi masyarakat tidak perlu kesana kemari cukup mendatangi MPP Palembang semua ada disini dalam pelayanan publik”,  terang Diah.

Sementara itu, Ditempat yang sama Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa, mengatakan, kunjungan ini memastikan persiapan peresmian dan launching MPP.

“Jadi semua harus clear, ada beberapa catatan dari Deputi untuk perbaikan seperti Dinas Catatan Sipil, untuk itu kita memberikan vice besar bagi layanan Disdukcapil Palembang,” kata Dewa.

Setelah ini pihaknya berasama Walikota Palembang akan melakukan audiensi dengan Wakil Presiden RI keberadan MPP Palembang.

“Berdasarkan Penilaian Deputi Menpan RB MPP Palembang Merupakan Pelayanan publik terbesar dan terlengkap”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang Akhmad Mustain mengatakan, saat ini infrastruktur di MPP di Kota Palembang, telah memasuki tahap finishing.

“Infrastruktur MPP sudah 95 persen telah selesai, tinggal kesiapan OPD lain yang akan bergabung di MPP,” jelas.

Dipastikan mereka yang memberikan pelayanan ini, tidak dikenakan biaya sedikitpun.

“Selagi mereka memberikan pelayanan publik, tidak ada biaya sewa, dan Pemkot juga berikan fasilitas komputer, listrik, jaringan internet, selama untuk melayani masyarakat insya Allah disiapkan Pemkot”, sambungnya.

Di MPP ini ada sesuatu yang berbeda, seperti ungkap Mustain, disini disiapkan ruang konsultasi kejaksaan tersendiri, sehingga masyarakat dapat berkonsultasi mengenai hukum, dan juga diaiapkan ruang terbuka, untuk digunakan masyarakat untuk rapat ataupun aktifitas lainnya.

“Silakan jika ada masyarakat, ataupun komunitas yang mau menggunakan publik space di MPP”, singkatnya. (jea)

 

LAINNYA