Home / OLAHRAGA / FIFA Dijadwalkan Inspeksi Stadion Jakabaring
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang

FIFA Dijadwalkan Inspeksi Stadion Jakabaring

#GSJ Tuan Rumah Piala Dunia U20 Masih Terbuka

Palembang, Pelita Sumsel – Peluang Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang untuk menghelat tuan rumah Piala Dunia U20 pada tahun 2021 mendatang masih terbuka.

Hal itu dibenarkan Ketua Asprov PSSI Sumsel H Ucok Hidayat. Pasalnya, Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA, akan melakukan inspeksi ke Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang pada Kamis (13/2/2020) nanti.

FIFA diagendakan akan meninjau Stadion GSJ guna menetukan apakah layak menggelar kejuaraan dunia U20 2021 mendatang.

“FIFA akan didampingi Ketua PSSI Pusat, pak Iwan Bule, Kementrian PU PR dan juga Kemenpora, sebelumnya mereka sudah berkeliling seluruh stadion di Indonesia, yang direncanakan menggelar kejuaraan dunia ini,” kata Ucok.

Secara umum Sumsel sudah siap untuk menyambut rombongan inspeksi, baik dari kondisi lapangan, yang memang sudah berkelas internasional, dan sering serta berhasil mengadakan event internasional di Stadion GSJ.

Menurutnya, untuk menggelar kejuaraan dunia U20 nanti, venue Stadion GSJ pasti ada yang akan diperbaiki agar bisa lebih maksimal, itu tergantung hasil inspeksi FIFA, PUPR, PSSI Pusat dan Menpora. Dana perbaikan stadiona nanti akan dijamin pemerintah pusat artinya melalui Kementrian PU PR.

“Mereka datang nanti langsung memutuskan apakah layak digunakan atau tidak, dan sudah akan final. Karena menurut statemen Ketum PSSI di kongres di Bali, stadion yang berhak menggelar kejuaraan dunia akan ditetapkan setelah dilakukan inspeksi,” ucap dia.

Ucok juga berharap masyarakat dapat antusias menyambut kejuaraan dunia di Sumsel, dan terlibat dalam berbagai hal untuk menyukseskan kegiatan tersebut. “Bekerjasama dengan Pemprov Sumsel, KONI, Dispora kami akan mempersiapkan baik dari sisi masyarakatnya, hopitality hingga masalah keamanannya,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Sumsel, Ahmat Taher menambahkan, rapat koordinasi sangat penting untuk menyamakan visi mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum inspeksi dilakukan FIFA, agar Sumsel dinobatkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. “Kami juga akan berkoordinasi dengan Gubernur Sumsel terkait hal ini,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum KONI Sumsel, Dani Indra mengatakan, rapat ini membantah informasi yang menyebut Sumsel gagal menjadi tuan rumah U20. “Itu informasi hoaks, karena Sumsel punya fasilitas lengkap dan levelnya internasional,” katanya.

Ia yakin dengan kelebihan Sumsel yang sering menggelar event olahraga level internasional, Sumsel bisa ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2021 mendatang.(Sef)

PelitaSumsel.com Media Terverifikasi Dewan Pers alterntif text PelitaSumsel.com Media Dermawan Versi ACT Sumsel alterntif text
Bagikan Ini Di :