Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Semua Fungsi Unit DPKP OKU Terus Dimaksimalkan
Kepala DPKP OKU Aminelson

Semua Fungsi Unit DPKP OKU Terus Dimaksimalkan

OKU, Pelita Sumael – Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terus mencoba memaksimalkan fungsi semua unit DPKP meskipun saat ini DPKP mengaku masih kekurangan peralatan.“Kita tidak hanya memadamkan kebakaran saja namun kita juga melakukan penyelamatan,” ucap Kepala Dinas DPKP OKU, Aminelson, Rabu (29/1).

Diakui Aminelson, bahwa tidak mudah menambah unit pemadam ataupun peralatan pendukung penanganan bencana lainnya dan peralatan penyelamatan, lantaran membutuhkan proses serta anggarannya pun tidak sedikit. “Kita betul – betul menjaga kualitas peralatan yang dimiliki saat ini,” timpal Aminelson.

Nah, untuk mencukupi peralatan yang ada saat ini, DPKP OKU pro aktif mengajukan proposal ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada si Sumatera Selatan. Terbaru, pihaknya mengajukan ke PT Pusri. “Kita mengajukan tidak hanya untuk kebutuhan pemadam kebakaran saja namun kita juga mengajukan untuk kebutuhan penyelamatan,” ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan OKU ini.

Peralatan yang diajukan antara lain, untuk kebutuhan pemadaman kebakaran seperti, mobil tembak, tali menali, baju tahan api, helm tawon dan untuk kebutuhan leralatan penyelamatan seperti tali menali sampai ke kantong mayat. “Sejauh ini surat yang kita ajukan baru mendapat respon dari Pertamina Hule Energi (PHE) yakni baju tahan api dan tabung scuba,” terang Aminelson.

Sejauh ini, lanjut Aminelson, DPKP OKU telah melakukan berbagai macam upaya pencegahan kebakaran, baik permukiman penduduk maupun hutan dan lahan. “Untuk hutan dan lahan, kita lakukan sosialisasi kepada para petani dan pekebun, untuk tidak membakar sampah sembarangan, kemudian ditinggal. Warga juga dihimbau untuk memperhatikan kondisi kompor, tabung gas maupun alat kelistrikan, karena pemicu kebakaran masih paling banyak oleh konsleting listrik,” pungkas Aminelson. (AND)

Bagikan Ini Di :