Gambar_Langit Gambar_Langit

Kodam ll Sriwijaya Kembali Berangkatkan 173 Personel Satgas Ter Kewilayah Indonesia Timur

waktu baca 3 menit
Senin, 20 Jan 2020 17:31 0 107 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Setelah sebelumnya Kodam II/Sriwijaya memberangkatkan ratusan Prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Teritorial (Satgas Ter) Kodam II/Swj yang terlebih dahulu melaksanakan tugas ke tiga wilayah Indonesia Timur yakni, wilayah Kodam XVI/Pattimura di Provinsi Maluku/Malut, Kodam XVII/Cenderawasih di Provinsi Papua dan Kodam XVIII/Kasuari di Provinsi Papua Barat pada bulan Juli 2019 lalu.

Kali ini Kodam II/Sriwijaya kembali memberangkatkan sebanyak 173 personel Penebalan Aparat Teritorial (Apter) yang tergabung dalam Satgas Ter Kodam II/Swj ke wilayah Indonesia bagian Timur, masing-masing 86 personil ke wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dan 87 personel ke wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Upacara pemberangkatkan Satgas Penebalan Aparat Ter Kodam II/Swj ke dua wilayah Indonesia bagian timur tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., bertempat di Terminal Cargo Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Senin (20/1/2019) pukul. 07.00 WIB.

Dalam amanatnya, Pangdam II/Swj menyampaikan rasa bangga, karena Kodam II/Swj untuk kesekian kalinya kembali mendapatkan kepercayaan dari pimpinan TNI untuk melaksanakan tugas operasi yang tergabung dalam Satuan Tugas Teritorial lebih kurang selama waktu satu tahun, yang bertujuan untuk membantu proses pengembangan dan pembangunan Kodim baru di dua Kodam tersebut, yakni Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

Menurutnya, bagi prajurit melaksanakan tugas merupakan suatu amanah, kehormatan, harga diri dan kebanggaan, karena tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan penugasan seperti ini. “Oleh karena itu, saya meminta setiap prajurit agar melaksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” tegas Pangdam.

Pangdam juga berpesan, agar kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI kepada Satgas Teritorial Kodam II/Swj dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

“Setibanya di daerah penugasan nanti, segeralah kalian beradaptasi dengan lingkungan dimana kalian ditempatkan. Pahami situasi dan kondisi wilayah penugasan dengan berbagai permasalahan dan ancaman yang mungkin timbul. Setiap menemui hambatan segera adakan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait. Jaga nama baik Kodam II/Swj, hindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji,” pesan Alumni AKABRI 1987 ini.

“Tunaikanlah tugas ini dengan penuh keyakinan dan konsentrasi. Jangan pernah ragu, karena pada hakikatnya tugas yang kita laksanakan adalah Ibadah. Pelihara kesehatan, keselamatan dan keamanan serta tingkatkan keimanan dan ketakwaan dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan cara memperbanyak kegiatan ibadah sesuai agama masing-masing,” ucapnya.

Tampak hadir pada Upacara pemberangkatan Satgas Ter tersebut antara lain, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, Danrem 044/Gapo Sonny Septiono, para Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj dan Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj serta para Komandan Batalyon (Danyon) Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam II/Swj. (Rill/Ron)

LAINNYA