Home / DAERAH / 5.000 Pelari Ikuti Sriwijaya Run 5K Dan 10K Palembang

5.000 Pelari Ikuti Sriwijaya Run 5K Dan 10K Palembang

 

Palembang, Pelita Sumsel – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc, M.Tr (Han) dan Kasatpol PP Sumsel mengibaskan bendera Start, sebagai tanda melepas lima ribu pelari dalam event yang bertajuk, “Sriwijaya Run 5K dan 10K” 2020, di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Minggu (19/1/2020) pagi, pukul. 06.40 Wib.

Sejak pagi, para atlet dari berbagai sekolah maupun mahasiswa, masyarakat, dari instansi TNI, Polri dan klub lari dari berbagai daerah dan beberapa atlet nasional seperti, Jauhari Johan ikut dalam nomor Lomba Lari 5K dan 10K yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di Kota Palembang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menyampaikan bahwa, selain dalam rangka memeriahkan HUT Kodam II/Swj Ke-74, kegiatan Sriwijaya Run 2020, juga dimaksud untuk mengakomodir bakat para atlet, baik pemula maupun para atlet yang kemungkinan akan mempertajam prestasinya di nomor 5K dan 10K.

Menurut Pangdam, antusias peserta cukup tinggi, meski ini baru pertamakali diadakan namun peserta mencapai 5000 yang ikut ambil bagian, baik dari internal TNI maupun peserta umum.

“Ini Sriwijaya Run 2020 merupakan agenda kita, namun kalau memang dimungkinkan akan kita agendakan sebagai even Nasional,” kata Pangdam.

Lebih lanjut dikatakan, dengan turunnya beberapa atlet sekelas nasional serta perwakilan dari beberapa daerah lain, salah satu harapannya adalah dapat memacu semangat para atlet lain untuk terus berlatih, sehingga nanti akan muncul atlet baru yang kedepan diharapkan mampu menjadi andalan nasional.

“Untuk memeriahkan Sriwijaya Run 2020 ini, saya bersama jajaran, ada Pak Kapolda serta perwakilan dari BUMN juga turun di 5K, tentunya sesuaikan dengan kemampuan,” imbuh Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga mengucapkan terima kasih seraya memberikan penghargaan kepada panitia, sponsor, undangan dan seluruh peserta Sriwijaya Run yang turut berpartisipasi meramaikan kegiatan tersebut.

Dalam Even Nasional “Sriwijaya Run 5K dan 10K” yang diselenggarakan untuk pertama kali oleh Kodam II/Swj ini, panitia menyiapkan total hadiah ratusan juta rupiah disamping hadiah lainnya. Bagi 1000 pelari yang finish pertama pada tiap kategori jarak 5K dan 10K, memperoleh medali finisher sedangkan Juara 1 sampai dengan 15 masing-masing kategori diberikan uang pembinaan. Panitia juga telah menyiapkan hadiah berupa sepeda motor, puluhan unit sepeda gunung dan hadiah hiburan menarik lainnya dalam undian doorprize.

Pada kategori Pelajar 5K Putra, juara pertama diraih Sandy dari SMA 5 Sekayu, dengan catatan waktu 15,35,8, juara kedua Rizky Akbar dari Sons Palembang dengan catatan waktu 16,33,6 dan juara ketiga, Arjuna Muba dengan catatan waktu 17,01,4. Sedangkan kategori Pelajar 5K Putri juara pertama dimenangkan oleh Zahra dari Bandung dengan catatan waktu 19,15,18, Juara kedua, Dinda dari Muba, catatan waktu 19,50,18 dan juara ketiga Dini dari Muba dengan catatan waktu 20,10,74.

Untuk kategori Umum 5K Putra juara pertama diraih oleh Atlet Nasional (BSB) Jauhari Johan dengan catatan waktu 14,31,30, juara kedua diraih oleh Marwan dari Palembang dengan catatan waktu 14,53,71 dan juara ketiga diraih oleh Dendi dari Jasdam II/Swj dengan catatan waktu 14,59.55. Sedangkan untuk kategori Umum 5K Putri, juara pertama diraih oleh Frety Sihite wakil dari Medan dengan perolehan waktu 16,51,73, juara kedua Anjasari Dewi dari Jawa Barat (Jabar) dengan catatan waktu 17,31,78 dan juara ketiga diraih oleh Zella Melati, S.Pd., M.M., dari Musi Banyuasin (Muba), Sumsel dengan catatan waktu 18,36,62.

Selanjutnya, untuk dikategori Pelajar 10K Putra telah ditetapkan sebagai juara pertama, Zori dari Kab. Pali dengan waktu tempuh 38,08,62, juara kedua Abdillah dari Baturaja dengan raihan cacatan waktu 41,52,00 dan juara ketiga M. Raffi juga dari Baturaja dengan catatan waktu 42,02,07. Sedangkan untuk kategori Umum 10K Putra juara pertama diraih oleh William dari Yonif 121/Kodam I/Bukit Barisan dengan catatan waktu tempuh 32,13,13, disusul pada urutan kedua Asep dari Yonif 143/Kodam II/Sriwijaya, dengan catatan waktu 33,33,69 dan juara ketiga diraih oleh Berman dari Univ Medan dengan waktu 33,34,83.

Untuk diketahui, Lomba *Lari 5K* yang bertajuk “Sriwijaya Run 2020” melewati berbagai route dimulai dari titik Start Pelataran BKB – menyusuri Jl. Sudirman – Jl. Merdeka – Jl. Faqih Jalaluddin – Jl. Mayor Tjik Agus Kiemas, SH dengan Melintasi Masjid Agung – Menyusuri Jl. Jend. Sudirman – Melintasi Mall IP belok kiri menuju Jl. Letkol Iskandar – Melewati Simpang Empat Radial menuju Jl. Pengeran SW Subekti – Melewati Simpang Empat Kedaung Belok Kanan menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan dengan melintasi SD Xaverius 4 Palembang – Melintasi Persimpangan Pasar Gubah Belok Kiri menuju Jl. Dr. Sutomo – Melintasi Persimpangan Hotel Swarna Dwipa belok kiri menyusuri Jl. Merdeka – Melintasi Simpang Kantor Walikota Palembang belok kanan menuju Jl. Rumah Bari – kembali Finish di BKB._

_Sedangkan route *Lari 10K*, juga Start di Pelataran BKB – menyusuri Jl. Sudirman – Jl. Merdeka – Jl. Faqih Jalaluddin – Jl. May Tjik Agus Kiemas, SH dengan Melintasi Masjid Agung – Menyusuri Jl. Jend. Sudirman dengan melintasi Mall IP, Cinde, Simpang Caritas – Simpang Sekip Belok Kiri menuju Jl. Kapten Marzuki dengan melintasi Hotel Imara, Universitas Tridinanti – Simpang Lapangan Kamboja tetap lurus menyusuri Jl. Kamboja (TPU Kamboja) – Menyusri Jl. Trikora – Masuk ke Jl. Demang Lebar Daun belok kiri menuju Jl. Angkatan 45 dengan melintasi RS Bunda – melintasi PS Mall dan PI Mall – Sipang 5 DPRD belok kiri menuju Jl. Radial – Menyusuri Jl. Raidial dengan melintasi Transmart Mall dan Ramayana Mall – Belok kanan menuju Jl. Pangeran SW. Subekti – Belok kiri melintasi Kodim 0418/Palembang – Menyusuri Jl. Merdeka – Melintasi Simpang Kantor Walikota Palembang belok kanan menuju Jl. Rumah Bari – kembali Finish di BKB.(Rill/RON)

PelitaSumsel.com Media Terverifikasi Dewan Pers alterntif text PelitaSumsel.com Media Dermawan Versi ACT Sumsel alterntif text
Bagikan Ini Di :
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN OKU