Gambar_Langit

Target Tumbuhkan 1000 Pelaku UKM Baru

waktu baca 2 menit
Rabu, 8 Jan 2020 13:18 0 91 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten OKU Timur di tahun 2020 telah memprogramkan membuat kampung khusus Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bakal ditempatkan di Desa Wana Bakti Kecamatan Madang Suku III.

Tidak hanya itu, untuk mendongkrak dan menggali Kreativitas para pelaku UKM ini, Dinas Koperasi UKM telah menargetkan akan menumbuhkan 1000 pelaku UKM pemula. Sehingga masyarakat kedepan dapat menjadi pelaku usaha yang tangguh dan mandiri dalam meningkatkan perekonomian dan pengentasan kemiskinan.

“Yang kita lakukan Pembinaan melalui pendamping pelatihan, memberikan bantuan peralatan seperti mesin jahit dan sealer, promosi hasil UKM baik skala lokal maupun Nasional,” ujar Sekdin Koperasi UKM Heral Efendy, SH didampingi Kasi Usaha dan Pembiayan UKM Murni Asih Anggriyani, SE. Rabu (08/01) di ruang kerjanya.

Meski diakuinya untuk mendukung penuh pelaku UKM ini Dinas Koperasi UKM terkendala Dana yang kecil yang di anggaran melalui APBD, dirinya tidak ingin hal itu menjadi halangan dalam memberikan pembinaan, pendampingan dalam mendukung pelaku UKM.

“Selain dari APBD, kita fasilitasi pelaku UKM itu untuk mendapatkan dukungan baik modal maupun peralatan melalui CSR dari swasta maupun dari pihak Bank,” katanya.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada pelaku UKM agar segera mendaftarkan izin usahanya di Kecamatan setempat dan itu tanpa biaya. Jika usaha tersebut sudah terdaftar di Kecamatan maka manfaatnya dapat memiliki akses untuk menerima bantuan dari Bank melalui Kredit Usaha Rakyat (Kur). Baik itu memalui bank milik negara maupun swasta dan disiapkan untuk menjadi penerima bantuan dari CSR.

“Ada 12.500 pelaku UKM yang terdaftar yang artinya sudah memiliki izin usaha. Sedangkan jika keseluruhannya dengan yang belum memiliki izin pelaku UKM di OKU Timur ini berjumlah 36.000. Artinya masih banyak UKM yang belum terdaftar izin di Kecamatan,” ujarnya.

Ketika ditanya produk unggulan apa saja yang telah dimiliki UKM di OKU Timur, dirinya menyebutkan diantaranya beras organik dimana beras organik ini mulai masuk di minimarket-minimarket. Selain itu ada juga Jambu kristal serta beberapa produk peralatan rumah tangga yang terbuat dari rotan. “Sesuai program unggulan pak Bupati yang selalu dicanangkan seperti Beras Organik dan Jambu kristal, saat ini dua produk holtikultural ini mulai masuk di minimarket artinya hasil dari UKM telah dilirik oleh masyarakat untuk dikonsumsi,” imbuhnya. (fah)

LAINNYA