Home / DAERAH / Komunitas Toman Mania Sumbagsel Bakal Ramaikan Casber di Lebak Lebung Batin Temanggung 
Dewan Penasehat Komunitas Toman Mania Sriwijaya Drs, H. Supriadi Jazid, SH yang juga mantan Sekda OKU dan pemilik Lebak lebung lokasi Casber H. Leo Budi Rachmadi saat Casting Bareng

Komunitas Toman Mania Sumbagsel Bakal Ramaikan Casber di Lebak Lebung Batin Temanggung 

OKU Timur, Pelita Sumsel – Komunitas Toman Mania Sriwijaya berencana akan menggelar Casting bareng (Casber) di Lebak lebung (Bakung) batin temunggung milik H. Leo Budi Rachmadi di Desa Pulau Negara Kecamatan Buay Pemuka Peliung.

Dewan penasehat Komunitas Toman Mania Sriwijaya Drs H. Supriadi Jazid, SH mengatakan Casber ini pertama sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta toman mania atau pecinta pemancing alam bebas. Untuk peserta yang akan hadir direncanakan dari pemancing Sesumbagsel yang diperkirakan hadir 300 peserta.

“Lokasi milik pak H. Leo ini sangat Representatif dan juga sangat luas, sekitar satu hektar lebih dan kedalaman 5 meter lebih,” ujar mantan Sekda OKU jaman Bupati Yulius ini.

Komunitas toman mania sriwijaya saat mengecek lokasi yang akan dijadikan lokasi casber

Menurutnya, mancing toman ini memiliki seni ketertarikan tersendiri dimana ikan ini bukan sembarang ikan, ikan ini merupakan jenis ikan predator pemakan ikan sungai lainnya. Jadwal Casber ini direncanakan pada bulan April sekaligus launching komunitas Toman Mania.

“Spot mancing bebas khusus toman sangat langka, ini yang menjadi ketertarikan tersendiri bagi pecinta toman mania atau pecinta memancing alam bebas,” ujarnya.

Sementara itu pemilik Lebak Lebung batin temunggung H. Leo Budi Rachmadi menyambut baik terhadap rencana Casber bareng toman mania sesumbagsel ini, menurutnya lokasi Lebak Lebung atau yang lebih dikenal bahasa Komering Bakung ini memang disediakan bukan hanya untuk memancing bagi pecinta toman mania, namun rencananya dia juga ingin membuat dilokasi ini sebagai wisata Agro.

“Ada 30 bibit toman mania yang kita tebar disini, selain itu ada juga ikan sungai lainnya seperti gabus, Serdang Gurami, Nila, Tembakang, Patin. Bahkan ada yang pemancing yang pernah melihat toman ukuran anak bayi dan ratusan anak toman,” ujar ketua Harian Komunitas Toman Mania Sriwijaya itu.

Casber ini rencananya akan digelar selama dua hari, hari pertama akan dikhususkan untuk komunitas dan hari kedua untuk umum. Menurut mantan ketua KPU OKU Timur dua periode ini, penyebaran bibit toman dilokasi ini sejak 2011, dalam waktu dekat akan ditambah sebanyak satu pikul bibit toman dan Serdang. Dikatakan Leo, panitia Casber ini sudah beberapa kali mensurvei lokasi ini diantaranya yang hadir langsung dr. Bambang Sulistiyo, M.Pd sebagai dekan FKIP Unbara, mantan Sekda OKU Drs H. Supriadi Jazid, SH yang juga sengaai Sekretaris yayasan pendidikan sebimbim sekundang yang menanaungi Unbara dimana kedua tokoh ini sebagai promotor Casber toman mania.

“Toman ini sebagian orang akan membasmi toman karena sebagai predator pemakan ikan alam lain, Ini yang menarik bagi kami, tentu dibalik itu ada kelebihan tersendiri,” ujarnya. (fah)

Bagikan Ini Di :