Gambar_Langit

Konsisten Peduli Lingkungan, Solusi Bangun Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau

waktu baca 2 menit
Selasa, 17 Des 2019 10:49 0 128 Admin Pelita

Jakarta, Pelita Sumsel – Kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar yang menjadi fokus PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) dalam melaksanakan operasional pabriknya di seluruh Indonesia, mendorong SBI melakukan berbagai  upaya untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya, material, energi dan air untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan menerapkan berbagai program yang berkelanjutan. Komitmen ini mengantarkan SBI pada Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian RI yang ketiga kalinya untuk pabriknya di Tuban, serta sertifikat hijau untuk pabrik di Narogong, Lhoknga dan Cilacap. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pada hari Senin, 16 Desember 2019 dalam acara Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau, Rintisan Teknologi Dan Penyerahan Sertifikasi Industri Hijau Tahun 2019, di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Sebagai bagian dari Semen Indonesia Group, fokus SBI pada pelestarian lingkungan terwujud dalam berbagai program unggulan yang secara konsisten dilakukan; seperti pelaksanaan Biodiversity Action Plan (Rencana Aksi Keanekaragaman Hayati) dan penanaman bibit pohon untuk revegetasi di lokasi pabrik dan tambangnya. Penanaman pohon diutamakan yang memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar dan nilai dukung ekosistem yang baik.

Proses verifikasi dan penilaian penghargaan Industri Hijau sendiri, dilakukan oleh tim teknis dan Dewan Pertimbangan yang berasal dari unsur pemerintah, perguruan tinggi, lembaga penelitian dan instansi terkait lainnya, berdasarkan kepatuhan terhadap aturan pemerintah terkait lingkungan, perizinan, laporan kegiatan lingkungan dan pengawasan secara  berkala.

Tidak hanya Penghargaan Industri Hijau, kepedulian SBI terhadap lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat juga ditandai dengan diraihnya anugerah PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Penghargaan Pratama untuk kategori Perusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara dari Kementrian ESDM pada tahun 2018 yang lalu.

Lilik Unggul Raharjo, Direktur Manufacturing SBI menyatakan “Menjaga keanekagaman hayati dan kelestarian lingkungan merupakan implementasi dari prinsip industri hijau yang menjadi komitmen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Harapan kami, beragam inisiatif di bidang lingkungan yang kami lakukan dapat turut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan bagi generasi masa depan.” (jea)

LAINNYA