Home / DAERAH / Ratusan Calon Penyuluh Agama Islam Kemenag OKU Timur Ikuti Tes
Kakankemenag OKU Timur H. Abdul Rosyid saat memantau pelaksanaan tes Penyuluh agama islam Non-PNS

Ratusan Calon Penyuluh Agama Islam Kemenag OKU Timur Ikuti Tes

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sebanyak 213 peserta mengikuti tes rekrutmen Penyuluh Agama Islam Non PNS periode 2020-2024, yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur di gedung MTs Negeri 1 OKU Timur, Minggu (08/12/2019).

Tes ini dilaksanakan dalam 2 sesi, pertama ujian tertulis dan sesi kedua tes wawancara. Kegiatan ini dibuka sekaligus dipantau langsung Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU Timur H. Abdul Rosyid, S.Ag.MM.M.Si

Kakankemenag OKU Timur H. Abdul Rosyid saat dikonfirmasi mengatakan, pelaksanaan tes ini dilakukan berdasarkan surat Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Nomor : 927 Tahun 2019. Rekrutmen ini secara serentak dilakukan di masing-masing Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia.

“Peserta yang mengikuti tes hari ini mereka yang telah lulus seleksi administrasi sebelumnya, dan hari ini mereka mengikuti tes dua sesi, tes tertulis dan wawancara,” katanya.

Diterangkannya, dalam seleksi rekrtumen PAI Non PNS periode 2020-2024 ini, tidak kurang dari tiga aspek yang dinilai, pertama Wawasan Kebangsaan, Membaca Al-qur’an dan praktek ibadah serta praktek khutbah dan ceramah. “Saya tegaskan, tidak ada intervensi dalam proses test ini, semua dilakukan dengan transparan sesuai juknis,” tegas Rosyid.

Dirinya berharap seluruh rangkaian tes dapat berjalan dengan baik, tertib dan menghasilkan lulusan penyuluh terbaik, yang mampu berkontribusi untuk umat. Terlebih mampu memberikan sinergitas lembaga Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat. “Dari 213 peserta yang mengikuti tes rekrutmen ini yang akan diterima nanti 81 orang, itu kouta untuk se OKU Timur,” imbuhnya (ril/fah)

PelitaSumsel.com Media Terverifikasi Dewan Pers alterntif text PelitaSumsel.com Media Dermawan Versi ACT Sumsel alterntif text
Bagikan Ini Di :