Home / DAERAH / PALEMBANG / Mahasiwa Papua Deklarasi NKRI Harga Mati di Palembang Sumsel

Mahasiwa Papua Deklarasi NKRI Harga Mati di Palembang Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel  – Komunitas Mahasiswa Papua Sriwijaya (Kompas) mengelar kegiatan Natal Bersama Kompas dan Silahturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Palembang, Tokoh Papua, Tokoh Masyarakat dalam rangka menjaga persatuan kesatuan bangsa, di Ruang Horison Hotel Azza Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hadir dalam kegiatan antara lain, Ketua Kompas Victor Amnan, Kabankesbangpol Kota Palembang Kurniawan, Koordinator PTSP dan PPI Kemenag Palembang Ferdinan Papahan, Kasat Intelkam Polrestabes Kota Palembang Kompol Mario Invanry, Plh Kasdim 0418/Palembang Mayor Inf Herbertus Mayor Inf Rias Yanuar yang masih menjabat sebagai Wadanyon 200 Raider, Kanit Sosbud Ditintelkam Polda Sumsel Kompol Suparman, Kaurops Kom Lanud SMH Palembang Letda. Lek Deni PD, Tokoh Papua di Palembang Philipus Marya, Wiliem Wabisel dan Ketua Panitia Pelaksana Beskin Lakon, serta dihadiri sekitar 85 para tamu undangan.

Ketua Kompas Victor Amnan,mengatakan dalam kata sambutan bahwa ada hari ini pihaknya melaksanakan kegiatan Perayaan Natal Tahun 2019, Natal Bersama Kompas dan Silahturahmi dengan Forkompimda Kota Palembang, Tokoh Papua, Tokoh Masyarakat dalam rangka menjaga persatuan kesatuan bangsa, dengan tema, “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. (Bond Yoh 14-14-15)”. Sub Tema, “Setiap sabahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran. (Amsal, 17.17)”

Lanjut Victor Amnan. Kompas merupakan Komunitas Mahasiswa Papua Sriwijaya, dimana Kompas tersebut sebelumnya di bentuk oleh para senior kita asal Papua di yang ada diKota Palembang pada tahun 2014. Atas nama Kompas kita mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Pemkot Palembang, yang telah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini dapat berlangsung dengan lancar, damai dan sukses.

“Harapan kita kedepan, kita mengharapkan kepada Pemerintah Prov. Sumsel maupun Pemkot Palembang untuk terus mendukung setiap rencana kegiatan yang akan kita laksanakan, sehingga kita dari mahasiswa asal Papua merasa sangat terbantu oleh Pemerintah darerah, khususnya Pemkot Palembang” Harapnya.

Sementra itu, Philipus Marya mengatakan, dirinya meminta kepada adik – adik mahasiwa asal Papua yang ada di Sumsel, khusunya di Kota Palembang untuk dapat bersama – sama menjaga situasi kondusif di Wilayah tanah Papua, serta mendukung program pembangunan pemerintah ditanah Papua sebaik mungkin”.

“Bapak sendiri telah memiliki istri orang Sumsel bahkan sudah 40 tahun di Sumsel, maka dari itu adik-adik harus membaur dengan kekuarga kita di Palembang dan dimanapun adik-adik berada, karena kita semua warga bangsa Indonesia yang memiliki Bhineka Tungal Ika, ” katanya

Sementara itu, Kabankesbangpol Kota Palembang Kurniawan, mengatakan, Atas nama Pemkot Palembang pihaknya mengucapkan terimakasih kepada adik – adik mahasiswa asal Papua yang ada di Kota Palembang, yang telah dapat bersama – bersama mendukung pembangunan di Kota Palembang dan dalam kesempatan ini kita meminta kepada adik – adik mahasiswa asal Papua yang ada di Kota Palembang untuk menjadi Pelopor dalam pembangunan Wilayah kota Palembang, sehingga Kota Palembang dapat berkembang lebih capat dan lebih maju.

“Pemkot Palembang membuka pintu yang selebar – lebarnya dan akan memfasilitasi setiap rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh adik – adik mahasiwa asal Papua di Kota Palembang, sesuai dengan hasil audensi adik – adik asal Papua dengan bapk H. Hernojoyo Walikota Palembang. Bangsa kita adalah bangsa yang majemuk dan bangsa kita akan menjadi kuat jika kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan kebersamaan,”katanya

Lebih lanjut Kurniawan mengtakan, Suasana Natal akan menjadi lebih damai jika kerukunan umat beragama kita dapat terjaga, oleh karena itu marilah kita saling menghormati dan saling menjaga kerukunan umat beragama. Bagi kaum nasrani natal mempunyai makna yang dalam, karena Parayaan Natal merupakan sebagian betuk dari keimanan

“Kita mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Jajaran TNI, Polri dan pihak terkait lainnya, yang telah bekerja semaksimal mungkin untuk menjaga kondusifitas Wilayah Kota Palembang, terutama menjelang kegiata natal tahun 2019 di Palembang dan diharapakan kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan aman dan kondusif” paparnya

Dipenghujung kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Deklarasi Bersama, yang diikuti sejumlah Perwakilan Mahasiswa, Tokoh Papua bersama Forkopimda Kota Palembang,”Saya Papua, Saya Indonesia, NKRI Harga Mati”. Dan selanjutnya dilaksanakan penyerahan cindra mata dari Fiktor Amnan (Ketua Kompas) kepada sejumlah Forkompimda Kota Palembang berupa Noken Ciri has Papua dan foto bersama. (YF)

Advertisement
Bagikan Ini Di :