Home / DAERAH / Serapan DAK Pendidikan OKU Timur Capai 100 Persen, Pusat Ganjar Penambahan Anggaran
Dodi Purnama, ST, MM Kabid Pembinaan dan Dikdas Disdikbud OKU Timur

Serapan DAK Pendidikan OKU Timur Capai 100 Persen, Pusat Ganjar Penambahan Anggaran

OKU Timur, Pelita Sumsel – Baru-baru ini kinerja Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mendapat pengakuan yang baik dari lembaga legislatif Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung.

Dimana hal itu terlihat anggota DPRD Lampung Utara sengaja melakukan kunjungan kerja ke DPRD OKU Timur pada Senin (18/11/2019) hanya untuk mempelajari bagaimana caranya mengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pendidikan. Sebab pengelolaannya dinilai mereka sangat baik.

“Keberhasilan dalam mengelola DAK bidang Pendidikan tentunya tidak terlepas dari beberapa indikator, antara lain pertama penyerapan pagu anggaran DAK pendidikan 2 tahun terakhir mencapai 100 %, kepatuhan pengelola kegiatan dalam melaksanakan regulasi yang mengatur pelaksanaan DAK Pendidikan,” ujar Kadisdikbud Wakimin, S.Pd MM didampingi Dodi Purnama, ST, MM Kabid Pembinaan Dikdas. Senin (25/11/2019)

Selanjutnya tambah Dodi, ketaatan pengelola kegiatan dalam menyampaikan berbagai laporan pelaksanaan DAK, baik yg disampaikan ke Kemendikbud, Kemenkeu, maupun pemerintah Provinsi serta terciptanya hubungan yang baik antara panitia tingkat sekolah, tim teknis Kabupaten, Pemerintah Provinsi, dan pemerintah Pusat melalui Kemendikbud RI.

“Dengan keberhasilan dalam pengelolaan DAK Pendidikan di tahun 2017, Pemkab OKU Timur diganjar mendapat tambahan pagu anggaran hampir 4 Miliar pada tahun 2018. Pada tahun 2019 kucuran dana tersebut meningkat, Pemerintah Pusat mengucurkan tambahan dana lebih dari 14,5 Miliar,” ujarnya.

Dodi menjelaskan, DAK Bidang Pendidikan adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan belanja negara kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk mendanai kebutuhan sarana dan prasarana bidang pendidikan yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. Serta harus tepat sasaran.

“DAK Fisik bermanfaat untuk meningkatkan layanan pendidikan. Jika pelayanan pendidikan sudah baik, kualitas pendidikan juga semakin baik. Seluruh pemangku pendidikan mempunyai komitmen dan tekad bersama dalam perbaikan, sehingga kita dapat meningkatkan kualitas SDM yang mampu berkompetisi di era globalisasi ini,” ujarnya.

Bagikan Ini Di :