Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Alfarizi : Yadika Baturaja Pioneer Festival Lomba Permainan Tradisional

Alfarizi : Yadika Baturaja Pioneer Festival Lomba Permainan Tradisional

OKU, Pelita Sumsel – Festival Lomba permainan tradisional dalam rangka memeriahkan peringatan hari Pahlawan yang digelar SMK/SMA Yadika Baturaja berlangsung seru dan meriah.

Kegiatan yang digelar dihalaman SMA/SMK Yadika ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan OKU Teddy Meilwansyah SSTP MSi yang diwakili oleh Sekretaris Disdik OKU Alfarizi SE AK, Perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu digelar bermacam perlombaan permainan tradisional untuk tingkat SD,diantaranya, Balap Enggrang, gerobak sodor, Cak Engkeng dan lari bakia, selain itu Untuk tingkat SMP membuat kerajinan dari bahan bekas, tinhkat SMA dan Umum lpmba menyanyikan lagu daerah OJU kinaklah OKU dan Nasib Badan serta lomba mewarnai untuk tingkat Taman Kanak-kanak.

Koordinator Yadika Baturaja yang Juga Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah S.Pd didampingi Kepala SMA Yadika Baturaja Ery mengatakan kegiatan ini dikuti sekitar 433 peserta, selain lomba tradisional kegiatan pihak Yadika Baturaja juga menggelar kegiatab sosial KB Gratis, Donor darah serta Bazar sembako murah.

“Tujuan kita ingin memperkenalkan betapa mengasyikannya permainan tradisional diera tahun 80an, yang saat ini sudab sangat sulit kita temui. sekarang anak-anak sudah terkontaminasi kemajuan teknologi dan lebih mementinkan Gadget ketimbanh bermain bersama,” katanya.

Kegiatan ini lanjutnya murni ide dari OSIS SMK dan SMA Yadika Baturaja yang merasa prihatin dengan tergerusnya permainan tradisional oleh gadget, “ide ini bertepatan dengan hari pahlawan, anak-anak kemudian mengumpulkan dana sendiri dengan melibatkan seponsor dan dibantu juga oleh pihak sekolah, kami sangat berterimakasih atas ide luarbiasa anak-anak osis,” ujar Boy.

Selain itu Boy juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang promosi Yadika Baturaja kepada masyarakat luas. “di era 4.0 ini sistem pembelajaran kita sudah berbasis produk dan projek, harapan kita dengan adanya kegiatan ini dapat menghidupkan kembali permaian tradisional, dan ini merupakan kegiatan pertama kali yang digelah Oleh Yadika Baturaja dan aka dilaksanakan secara berkelanjutan,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik OKU Alfarizi sangat mengapresiasi kegiatan ini, bahkan ia mengaku sangat tertarik dengan kegiatan permainan tradisional ini. “SMK Yadika menjadi pioneer terlaksananya festival Lomba Tradisional, semoga ini bisa dicontoh oleh sekolah lainnya,” katanya.

Pihak Disdik OKU lanjutnya sangat mendukung kegiatan ini bahkan menurutnya tak menutup kemungkinan Disdik OKU akan menggandeng Yadika Baturaja untuk menggelar kegiatan serupa yang lebih besar lagi. “Dalam kegiatan ini terselib maksud dan tujuan yang sangat luar biasa yang mengajarkan arti kebersamaan dalam sebuah permainan tradisional yang merupakan jati diri bangsa,” imbuhnya

Alfarizi berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penerbanhan balon sebagai tanda pembukaan kegiatan serta meninjau setiap kegiatan yang dilakukan. (KBT)

Advertisement
Bagikan Ini Di :