Home / DAERAH / Kemenag OKUT Gelar Dialog Kerukunan Lintas Tokoh Dan Agama 
Dialog Kerukunan Lintas Tokoh dan Lintas Lembaga Keagamaan yang dilaksanakan Kemenag OKU Timur

Kemenag OKUT Gelar Dialog Kerukunan Lintas Tokoh Dan Agama 

OKU Timur, Pelita Sumsel – Kantor Kementerian Agama (Kemenang) Kabupaten OKU Timur melaksanakan kegiatan dialog Kerukunan Lintas Tokoh dan Lintas Lembaga Keagamaan. Jum’at (15/11/2019) di Hotel Dewi II Kotabaru Martapura.

Kegiatan dialog yang diikuti dari berbagai tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan tokoh Pemuda ini menghadirkan narasumber yakni Kepala Kantor (Kakan) Kemenag OKU Timur H. Abdul Rosyid, S.Ag.MM.M.Si, serta Pejabat Kemenag, Ketua FKUB OKU Timur Drs. HM Nurkasiarto dan Perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa & Perlindungan Masyarakat OKU Timur.

Kakan Kemenag OKU Timur H. Abdul Rosyid mengatakan, tujuan kegiatan ini salah satu upaya menghantarkan kehidupan masyarakat di OKU Timur yang damai jasmani rohani dunia akhirat, serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang mempererat kerukunan, toleransi antar umat beragama dengan Pemerintah.

“OKU Timur selama ini wilayah yang kondusif, jauh dari konflik antar adat, suku, budaya dan agama. Bahkan di OKU Timur ada desa yang masuk kategori desa kerukunan umat beragama. Karena di situ ada pemeluk agama yang berbeda namun kegiatan keagamaannya berjalan kondusif dan saling sinergi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, dalam dialog ini peserta yang hadir dapat mendiskusikan isu-isu keagamaan terkini, termasuk berbagai ancaman dan tantangan dalam mewujudkan kerukunan di OKU Timur, sebab kerukunan adalah cita-cita setiap manusia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tokoh dari beberapa agama, Pemuda dan penyuluh harus mampu memberi pembinaan terhadap umat bagaimana agama menjadi penuntun dan pemersatu, bukan pemecah belah,” katanya.

Advertisement
Bagikan Ini Di :