Gambar_Langit

Sisihkan Sumsel, Jatim Tuan Rumah Porwanas 2020

waktu baca 2 menit
Jumat, 25 Okt 2019 22:57 0 102 Redaktur Romadon

 

Lampung, Pelita Sumsel – Setelah melalui pemilihan yang alot dan panjang, akhirnya Jawa Timur terpilih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020.

Penunjukkan Jatim secara resmi dilakukan pada Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI di Tegal Mas Island, Lampung, Jumat (25/10).

Rakernaslub yang diikuti 27 pengurus Siwo se-Indonesia dari 35 provinsi mayoritas menghendaki Jatim sebagai pengganti Provinsi Papua yang sebelumnya menyatakan tidak siap menjadi tuan rumah.

Sedangkan, tujuh provinsi daerah tidak hadir: Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara. Solo juga menyatakan tidak bisa mengikuti Rakernaslub.

Sesungguhnya Siwo Sumatera Selatan juga mengajukan diri sebagai tuan rumah dan sempat melakukan paparan dihadapan seluruh peserta rakernaslub. Kawar Dante ketua Siwo PWI Sumsel mengaku mendapat amanah untuk menyampaikan pesan dari Gubernur Sumsel.
Dalam paparannya, Kawar Dante mengatakan Sumsel memiliki kelebihan sebagai tuan rumah yakni seluruh venue terpusat pada satu lokasi di Jakabaring Sport Center dan atlet serta ofisial ditempatkan di wisma atlet dalam jumlah besar dalam sepanjang sejarah Porwanas.
Selain, dengan terpusatnya venue maka keakraban dan silaturahmi dengan seluruh wartawan yang hadir dapat terjalin.
Karena saat siang hari atlet bertanding namun pada malamnya digelar acara hiburan, live musik dan menu makanan beragam.
Namun karena menurut tata tertib Rakernaslub, calon rumah Porwanas sebelumnya harus mengajukan Surat permohonan kepada Siwo PWI Pusat dan PWI Pusat.

“Sejauh ini hanya Jatim yang mengajukan diri, tidak ada dari daerah lain, ” kata Gungde Ariwangsa, Ketua Siwo PWI Pusat.

Pimpinan sidang Janu Riyanto dari Siwo PWI DI Yogyakarta mengatakan sesuai Tatib Rakernaslub, Sumsel dinyatakan gugur. Berarti hanya Jatim Yang layak sebagai tuan rumah Rakernaslub. Meski begitu Janu tetap memberikan apresiasi kepada Sumsel yang meminta waktu untuk memberikan pemaparan.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman atas dukungannya. Kami sudah menyiapkan segalanya baik bersifat teknis maupun non teknis pelaksanaan nanti, ” kata Erwin Muhamad, ketua Siwo PWI Jawa Timur.

Ada 8 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jawa Timur pada Agustus 2020 nanti, yakni atletik, biliar, bulu tangkid, catur, futsal, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan. Ada juga dua lomba kompetensi dan lomba jurnalistik. Jawa Timur juga berencana menambah dua cabor yakni boling dan bridge yang akan dibahas pada Rakernas Siwo PWI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Februari 2020.

LAINNYA