Gambar_Langit Gambar_Langit

Kreatifitas Dari Barang Bekas

waktu baca 2 menit
Kamis, 24 Okt 2019 09:50 0 127 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Beberapa bagian onderdil dan mesin mobil bekas tak terpakai mungkin hanya akan menjadi barang rongsok dan tak berguna. Namun ditangan anak-anak SMK yadika Baturaja barang-barang tersebut mampu disulap menjadi aneka barang kebutuhan rumah tangga yang bernilai ekonomis tinggi.

Barang rumah tangga yang dihasilkan dari onderdil bekas ini diantaranya meja yang terbuat dari mesin bekas mobil, kursi dari ban bekas serta beberapa jenis barang lainnya.

“ini kreatifitas siswa, dari pada onderdil bekas ini tak terpakai dan memenuhi ruangan lebih baik dimanfaatkan,” kata Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah, Kamis (24/10).

Dikatakan Boy, onderdil bekas seperti body mesin ini dibersihkan oleh siswa kemudian dipadukan dengan onderdil lainnya sehingga menjadi sebuah meja yang dapat dimanfaatkan diruangan sekolah. “kalau sudah jadi meja seperti ini cukup unik dan menarik,” imbuhnya.

Selain body mesin mobil ada juga kerajinan dari ban bekas mobil yang dibuat menjadi kursi, serta bebrapa onderdil mobil yang dibuat menjadi pas bunga.

“Untuk sementara mungkin ini menjadi konsumsi pihak sekolah dulu, namun tidak menutuo kemungkinan akan kita pasarkan, namun untuk mesin mobil khusus untuk sekolah karena itu adalah inventaris sekolah, tapi kalau ada yang punya mesin bekas kita siap untuk membuatkan,” ujarnya.

Menurut Bot hasil kretaifitas siswa ini sangat dihargai oleh pihak sekolah, hal ini membuktikan bahwa siswa SMK Yadika tak hanya pandai dibidanh akademik namun juga memiliki skil kreatifitas dan jiwa enterprenur.

“Sesuai program kita yakni keterampilan, kita juga punya program yang berbasis project yang bisa menghasilkan produk..dan salah satu materi itu sudah diterapkan oleh siswa selain lukisan ada juga barang-barang hasil kretaifitas siswa,” katanya.

Barang-barang hasil karya siswa ini nantinya lanjut Boy akan di pajang dalam sebuah pameran yang akan digelar dalam waktu dekat di SMK Yadika Baturaja. “Insyallah akan kita pamerkan, semoga kretaifitas siswa akam semakin bertambah,” harapnya. (KBT)

LAINNYA