Home / DAERAH / Peduli Lingkungan, MKGR Muba Gandeng Komunitas Bersih Sampah di Sungai

Peduli Lingkungan, MKGR Muba Gandeng Komunitas Bersih Sampah di Sungai

 

Sekayu, Pelita Sumsel – Kebersihan lingkungan di Muba terus menjadi prioritas yang dijaga. Ini agar lingkungan tetap lestari dan hijau, serta terbebas dari banjir.

Seperti dilakukan Organisasi Masyarakat (Ormas) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Kabupaten Musi Banyuasin bersama Arus Musi (ASRI) dan Mapala Rahmaniyah, Jumat (18/10) sekitar pukul 16.00 WIB, melakukan bersih- bersih bersama warga Kelurahan Kayuare dengan wilayah pinggiran sungai Musi.

Ketua MKGR Muba, Ardiansyah SE MM mengatakan, aksi membersihkan pinggiran sungai Musi sendiri dilakukan, guna menumbuhkan kepedulian bagi warga didaerah Kelurahan Kayuare khususnya Lingkungan 1 mengingat saat ini masih musim kemarau sehingga pasti sampah-sampah akan bertumpuk dipasir bongen.

“Warga yang banyak dari anak-anak dan emak-emak sangat antusias sekali. Mereka memungut sampah di bongen, ” kata pria yang akrab disapa iyank ini.

Kegiatan ini juga, merupakan persiapan dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda yang nanti pada tanggal 27 Oktober mendatang, MKGR Muba bakal mengadakan lomba bidar didaerah Kelurahan Kayuare. “Karena nanti daerah pinggiran sungai Musi kita bersihkan tadi, itulah lokasi lomba bidarnya, ” ujarnya.

Lanjut iyank, ini juga merupakan tahap pertama dilakukan, nanti pada Jumat (25/10) mendatang itu, kegiatan yang sama juga akan dilakukan bersih-bersih untuk tahap dua.

“Intinya kami (Ormas MKGR) ingin mengajak peduli sungai, kami mengajak warga khusunya anak-anak sadar akan pentingnya kebersihan sungai Musi ini, ” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Warni salah satu warga menyambut baik kegiatan bersih -bersih ini. Menurutnya, ini juga bagian dari edukasi bagi anak-anak yang ikut dalam membersihkan sampah khususnya sampah plastik yang banyak ditemukan.

“Apalagi dibersihkannya Sungai Musi yang merupakan salah satu sungai yang membentang di sepanjang wilayah Sekayu sekaligus sebagai sungai untuk kehidupan warga juga,” pungkasnya.

Advertisement
Bagikan Ini Di :