Gambar_Langit

Herman Deru Intruksikan Pemda, BUMN dan BUMD Serius Tekan Karhutla

waktu baca 2 menit
Rabu, 16 Okt 2019 20:34 0 65 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru kembali memimpin rapat terbatas dalam menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pada Rabu (16/10) petang gubernur secara khusus mengajak keterlibatan aktif para kepala daerah, BUMN dan BUMD dalam menekan terjadinya bencana kebakaran di sejumlah wilayah di Bumi Sriwijaya.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Herman Deru meminta para kepala daerah dan BUMN dan BUMD serius dalam melakukan antisipasi kebakaran dan memadamkan api jika terjadi karhutla. Jika hal ini dilakukan secara maksimal dia yakin dampak yang timbul seperti asap tidak separah yang terjadi seperti sekarang ini.

“Disini saya mengajak para kepala daerah (Bupati dan Walikota) untuk kompak bersama dengan BUMN dan BUMD didaerah masing-masing dalam menekan Karhutla. Sebab selama ini keterlibatan BUMN dan BUMD nyaris tidak terlihat,” tegas Gubernur.

Dia berharap ditahun-tahun mendatang, kasus karhutla di Sumsel dapat ditekan dengan drastis dengan adanya keterlibatan aktif kepala daerah, BUMN dan BUMD.

“Bencana ini hampir terjadi setiap tahun, kedepan karhutla paling tidak bisa berkurang. Karena banyak pihak yang dirugikan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini seperti kabut asap, penyakit ISPA yang mengancam masyarakat,” imbuh Herman Deru.

Dia juga mengajak ketelibatan Satgas lebih dimaksimalkan bukan saja dari unsur TNI/Polri namun juga harus melibatkan masyarakat secara luas karena pemerintah daerah juga memiliki tanggung jawab dalam mengatasi bencana asap yang ditimbulkan karhutla.

“Saya mengajak pencegahan dan pengendaliian api diperluas bukan saja satgas yang dibentuk pemerintah namun juga harus ada satgas yang dibentuk perusahaan swasta. Kedepan ini kita harus keroyokan dalam mengatasi karhutla ini,” tandasnya.

Nampak hadir dalam rapat tersebut Wakil Bupati Musi Banyuasin, perwakilan dari Kabupaten Ogan Ilir dan OKI. Selain itu juga ada perwakilan dari Korem, perwakilan dari BUMN diantaranya Pertamina, PT. Pusri, PT. PLN.

Sementara itu pada pagi harinya Gubernur Sumsel H. Herman Deru telah menggelar rapat tertutup dengan jajaran Fokopimda diantaranya Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel Irejn Pol Firli dan Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan dan jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel, bertempat di Mapolda Sumsel.

Meski belum ada keterangan resmi tentang apa saja yang dibahas dalam rapat intern tersebut. Namun dapat dipastikan merupakan hal yang sangat penting.

Salah satunya mengenai Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berimbas pada timbulnya kabut asap yang menerpa sejumlah wilayah di Sumsel khususnya Kota Palembang (ril/don)

LAINNYA