Gambar_Langit

Tahun 2020 Dodi Reza Gelar Kejurnas One Prix

waktu baca 3 menit
Minggu, 22 Sep 2019 13:55 0 103 Redaktur Romadon

 

Sekayu, Pelita Sumsel – Gelaran kejuaraan nasional (kejurnas) Motoprix Region Sumatera 2019 resmi dimulai di Sirkuit Internasional Skyland Kabupaten Musi Banyuasin, Minggu (22/9/2019). Tercatat, ada sebanyak 174 pebalap dari region Sumatera yang mengaspal di 12 klas yang dipertandingkan.

Di ajang bergengsi yang kali ini merupakan kali kedua digelar oleh Bupati Muba Dodi Reza melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba yang bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) tersebut membuat animo ribuan warga dan pebalap di Sumsel turut memadati tribun sirkuit yang dijuluki sirkuit mini Catalunya tersebut.

“Sikurit Skyland satu-satunya sirkuit permanen setelah sirkuit Sentul yang biasa melaksanakan event otomotif, dan sirkuit Skyland akan menjadi saksi mencetak pebalap-pebalap Indonesia yang mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” ungkap Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik se-Indonesia tersebut.

Di sirkuit yang dibangun di era mantan Bupati Muba dua periode Alex Noerdin tersebut, Dodi menyebutkan akan terus rutin menggelar event skala nasional maupun internasional.

“Insya Allah kegiatan ini akan menjadi salah satu agenda rutin bagin kalangan industri penggiat otomotif. Kalau ini berjalan sukses, maka tahun depan Skyland akan gelar kejurnas One Prix 2020,” tegasnya.

Lanjutnya, Pemkab Muba juga akan prioritas terhadap pembinaan atlet-atlet pebalap asal Muba yang diharapkan dapat meraih prestasi dan bertengger di kejuaraan internasional.

“Kepada peserta pebalap motor jadikan sirkuit Skyland untuk kalian menata karir, mudah-mudahan sirkuit Skyland ke depan bisa menjadi Home Base atau sirkuit induk bagi pembalap nasional dari Sumatera Selatan,” harapnya.

Kemudian, Dodi mengungkapkan Pemkab Muba akan terus support kepada pecinta olahraga di Indonesia terutama di Sumsel.

“Manfaatkan event ini sebaik-baiknya. Bulan depan akan ada gelaran lagi ada Asia Super Moto. Dan tahun depan adalagi, kita jadikan sirkuti Skyland salah satu sirkuit yang punya agenda nasional yang jelas,” bebernya.

Dodi menegaskan sirkuit Skyland harus gratis dan jangan dipungut biaya, yang penting event harus ada terus dan berkualitas. “Pemkab Muba akan gandeng sponsor event yang profesional demi pelaksanaan event yang sukses,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Aris Sandro, mengatakan Kejurnas Motoprix region Sumaters dimulai sejak Sabtu 21 September 2019. “Jadi kejurnas di sirkuit Skyland ini merupakan final dari Region Sumatera. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama perangkat daerah terkait dan kepanitiaan serta didukung penuh oleh pak Bupati Muba Dodi Reza,” ungkapnya.

Lanjutnya, memasuki final race dengan jumlah 174 starter, terdiri 3 kategori dan 9 kelas suporting. Peserta diikuti seluruh provinsi Sumatera, Riau dan Bangka Belitung. Tergabung dalam region A kejurnas Motoprix. Disinilah akan timbulnya juara region di masing-masing kategori.

“Kami apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Muba dan pak Bupati Dodi Reza dalam support balap motor ini dan hanya di Kabupaten Muba Bupati memberikan tontotan gratis bagi warganya,” terangnya.

Aris menambahkan, sirkuit Skyland merupakan sirkuit terbaik yang pernah ada dan akan menjadi saksi sejarah dari tempat munculnya bibit-bibit atlet pebalap yang mampu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami sangat takjub dengan keberadaan sirkuit Skyland ini. Meski berada di Kabupaten, tapi punya rasa sirkuit internasional,” tuturnya.

Terpisah, salah satu pebalap dari Aceh, Abdul Malik mengaku sangat kagum dengan fasilitas sirkuit Skyland Internasional Muba. “Selain penyambutan yang sangat baik. Kami pebalap dari Aceh sangat senang bisa bertanding disini, sirkuit yang sangat bagus dan fasilitasnya sangat spektakuler,” pungkasnya.

Diketahui, ada beberapa kelas Kejurnas yang dilombakan diantaranya Bebek 4 Tak 150 cc Tune Up Injeksi Expert, Bebek 4 Tak 150 cc Tune Up Injeksi Novice, dan Bebek 4 Tak 150 cc Standard Injeksi Rookie. Kemudian, di kelas pendukung ada Bebek 4 Tak 125 cc tune up mix seeded, bebek 4 tak 125 cc tune up mix pemula, bebek 4 tak 150 cc tune up mix lokal Sumsel, dan bebek 4 tak 4 tak 125 cctune up mix lokal Sumsel.

Berikutnya, kelas bebek 2 tak 125 cc underbone open, bebek 2 tak 116 cc open, sport 2 tak 140 cc open, matic 130 cc tune up open, dan bebek 4 tak 125 cc tune up mix lokal Muba.

LAINNYA