Gambar_Langit Gambar_Langit

Karhutla Meluas, HD : Jadi Jangan Saling Menyalahkan, Ini Ujian!

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Sep 2019 15:29 0 105 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengklaim bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dia menyebut, meskipun hingga kini bencana tersebut terus terjadi.

Menurut Herman Deru, beberapa upaya yang telah dilakukan itu yakni, melakukan water bombing di lokasi lahan kebakaran hutan dan lahan, kemudian Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sebagai langkah penghasil awan hujan, dan lainnya.

“Jadi jangan saling menyalahkan. Ini ujian,” ujar Herman Deru seusai shalat istisqa di Griya Agung Palembang, Rabu (18/9/2019).

Dia menjelaskan, ujian ini tentunya harus diewati dengan baik. Menurutnya, bukan hanya melakukan upaya fisik, tapi upaya itu juga dilakukan dengan melakukan shalat istisqa. Karenanya itu, pihaknya berharap dengan upaya ini Allah SWT menurunkan hujan sehingga mampu memadamkan karhutla di wilayahnya.

Dikatakannya, kesulitan yang dialami dalam pemadaman dikarenakan kondisi lahan gambut. Yang mana, lanjut dia, asap masih timbul dari dalam tanah. Di lain sisi kedalaman gambut tersebut bervariasi mulai dari dua meter hingga lima meter.

“Jadi, butuh pembasahan secara terus-menerus untuk menghentikan kebakaran hutan dan lahan di lokasi gambut. Saat ini, seluruh heli sudah diterjunkan untuk melakukan patroli dan waterboombing. Hanya saja, Heli ini tidak mampu beroperasi pada saat malam hari,” katanya.

“Kita juga harus terus berupaya dan juga tentunya harus berdoa,” tutupnya

LAINNYA