Home / DAERAH / Umat Hindu-Bali Di OKU Timur Gelar Ritual Upacara Ngaben
Ritual upacara ngaben atau pembakaran jenazah yang digelar oleh Umat Hindu-Bali di Desa Metro Rejo Kecamatan Buay Madang Timur

Umat Hindu-Bali Di OKU Timur Gelar Ritual Upacara Ngaben

OKU Timur, Pelita Sumsel – Masyarakat beragama Hindu-Bali di OKU Timur menggelar upacara Ngaben di Desa Metro Rejo Kecamatan Buay Madang Timur, upacara ngaben ini merupakan bagian dari rangkaian upacara Pitra Yadnya. Rabu (04/09/2019)

Dalam upacara ngaben di ikuti 32 peserta atau 32 KK dengan 15 wahana. Tampak unsur Pejabat Pemerintah Daerah OKU Timur, serta ribuan masyarakat ikut menghadiri tradisi umat beragam Hindu-Bali ini.

Kepala Desa Metro Rejo Sarmadi menjelaskan, ngaben merupakan proses untuk mengembalikan Panca Mahabhuta. Ritual agama ini bagian dari upacara Pitra Yadnya yang dilakukan Umat Hindu. “Setelah acara pengabenan dilakukan acara penghanyutan abu pembakaran ke sumber air/laut, selanjutnya dilakukan acara ngelinggihan sang atma,” terangnya.

Perwakilan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jero Mangku Amar menambahkan, tradisi ngaben merupakan tradisi umat agama Hindu-Bali melakukan upacara kremasi atau pembakaran jenazah, untuk mengirim jenazah pada kehidupan mendatang. Jero berharap adanya nilai-nilai keagamaan ini diharapkan dapat menambah kerukunan umat beragama khusus Hindu-Bali yang ada di Kabupaten OKU Timur, dan semoga selamat tercipta rasa damai, aman bagi umat beragama. “Terima kasih kepada masyarakat dan tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan keagaman ini, semoga kerukunan yang sudah terjalin selama ini selalu terjaga,” katanya (ril/fah)

Advertisement
Bagikan Ini Di :