Gambar_Langit Gambar_Langit

Motivasi Minat Usaha Masyarakat Melalui Pelatihan Keterampilan

waktu baca 2 menit
Kamis, 22 Agu 2019 19:19 0 114 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Kelurahan Sukaraya kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar pelatihan membuat kripik sinhkong bagi masyarakat setempat, Kamis (22/8).

Pelatihan yang dipusatkan di aula Kantor Kelurahan Sukaraya ini dikuti puluhan ibu rumah tangga serta Ibu-Ibu PKK Kelurahan sukaraya serta dihadiri oleh camat Baturaja Timur Luqmanul Hakim.

Lurah Sukaraya Desri Antonio.SE.,MM menyampaikan kegiatann ini digelar guna memberikan pelatihan kemampuan warga kelurahan Sukaraya agar bisa menciptakan produk makanan yang bernilai ekonomi, sehingga dapat meningkatkan tarap hidup keluarga masing-masing.

“Kita sengaja mendatangkan narasumber sekaligus pelatih yang merupakan pengusaha keripik tetkenal di Baturaja, bahkan produksi kripik ini sudah terkenal hingga keluar daerah, hal ini untuk memberikan pelatihan dan motivasi kepada para ibu-ibu kelurahan Sukaraya,” katanya.

Selain itu lanjutnya kegiataan ini juga untuk menumbuh kembangkan minat usaha kecil ditengah masyarakat. Pemerintah memberikan peluang bagi ibu-ibu PKK di Kelurahan Sukaraya untuk belajar dan membekali diri dengan keterampilan sebelum memulai usaha.

“Kenapa kita pilih pelatihan pembuatan kripik berbahan dasar singkong ini. karena bahan dasarnya mudah didapat dan murah serta bernilai ekonomis jika sudah diolah, serta yang pasti juga sehat, dan mudah dipasarkan,” tukasnya

Sementara itu, Camat Baturaja Timur Luqmanul Hakim, menyambut baik pelatihan keterampilan ini, dirinya meminta pelatihaan semacam ini dapat di lakukan secara berkelanjutan dengan peserta yang berbeda dan prodak yang berbeda, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari dana kelurahan.

Dari segi pemasaran lanjutnya, dari pihak Kecamatan sendiri menyarankan agar produk-produk olahan masyarakat ini di msukan dalam rumah kreatif Baturaja, sehingga produk olahan masyarakat ini dapat dipasarkan dan dikenal hingga keluar daerah. “semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya (KBT)

LAINNYA