Gambar_Langit

Tak Kenal Lelah, Meski Lebaran Satgasgab Karhutla Tetap Padamkan Api

waktu baca 2 menit
Senin, 12 Agu 2019 06:38 0 99 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Seakan tak mengenal lelah, Satuan Tugas Gabungan (Satgasgab) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus menerus bahu membahu berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di sejumlah daerah di wilayah Sumatera Selatan, Minggu (11/8/2019).

Satgas Karhutla yang tergabung dari berbagai unsur seperti, TNI, Polri, BPBD, BNPB, MPA dan lainnya seakan tak kenal lelah pagi, siang dan malam mendatangi lokasi titik api dari satu daerah ke daerah yang lainnya untuk memadamkan karhutla.

Tim Subsatgas berada di lokasi, memadamkan api yang membakar lahan yang di Desa Rawa Jaya, Kecamatan Pemulutan, OI. “Saat ini api sebagian besar sudah padam, hanya beberapa titik di beberapa lokasi mengeluarkan asap”, kata Dansubsatgas OKI, Letkol Inf Riyandi.

Selain di desa Rawa Jaya, api juga membakar lahan di dekat kawasan Jalan Tol Palembang – Indralaya (Palindra) KM. 16, Kecamatan Pemulutan, OI. Namun berkat kesigapan Tim Satgas, api dapat dipadamkan.

Selain dari jalur darat, proses pemadaman menggunakan helikopter Water Bombing (WB) juga sering kali dilakukan, tak hanya menggunakan helikopter milik BNPB, helikopter milik swasta juga turut dikerahkan membantu memadamkan api di daerah Ogan Ilir (OI), Muara Enim dan Musi Banyuasin (Muba) sejak pagi hingga sore hari, Minggu (11/8/2019).

Hingga sore hari ini, berkat kegigihan petugas Tim Satgas, api yang membakar lahan di wilayah Muba, Muara Enim dan Ogan Ilir sebagian besar telah padam, hanya tinggal beberapa titik yang mengeluarkan asap.

Sebagian Tim Satgasgab kembali ke pos masing-masing, sebagian lagi Tim satgas melaksanakan patroli pengawasan api.

Kepada seluruh anggota Satgas, Danrem mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas yang luar biasa sampai dengan malam ini.

“Walaupun hari ini Hari Raya Idhul Adha tapi masih tetap semangat”, ucap Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, selaku Dansatgas Sumsel. Minggu (11/8/2019).

“Untuk Satgas Darat malam ini laksanakan patroli antisipasi kebakaran malam hari. Tetap Semangat”, tegasnya. (yf)

LAINNYA