Gambar_Langit Gambar_Langit

Kejayaan Lumbung Pangan Nasional Diyakini Deru Akan Kembali Kepada Sumsel

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Jul 2019 15:44 0 125 Putra Pamungkas

Lempuing, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru yakini, bahwa dalam waktu yang tidak lagi, Sumatera Selatan (Sumsel) akan dapat mengembalikan kejayaannya sebagai Lubung Pangan Nasional. Hal tersebut diungkapkan Deru dalam kegiatan Panen Raya Padi IP 200 dan sekaligus meninjau penangkaran benih.

“Panen raya yang kita lakukan hari ini, salah satu bukti petani Sumsel serius dalam memajukan sektor pertanian. Dan upaya ini akan mempercepat Sumsel menjadi Lumbung Pangan Nasional. Sebagaimana dulu sudah pernah ada,” ungkapnya Deru di Desa Cahya Maju, Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (30/7).

Melalui pantauan, antusiasme Gubernur dalam memotori kembalinya kejayaan Sumsel sebagai Lumbung Pangan juga terlihat saat menuju lokasi panen raya dan lokasi penangkaran benih petani.

Nampak Herman Deru rela menyusui pematang sawah dengan mengendarai sepeda motor trail bersama dengan Wakil Bupati OKI Djakfar Sodiq beserta Forkompimda Kabupaten OKI.

“Saya ingin sektor pertanian ini dapat membawa kesejahteraan bagi petani. Saya tidak mau masyarakat Sumsel miskin. Oleh karena itu kita butuh kerjasama. Pemerintah siap bantu jika petani serius dalam menggarap sektor pertanian ini,” ujarnya.

Dikatakannya, bahwa dalam pembahasan tentang pertanian, infrastruktur jalan dan irigasi pengairan diharapkannya juga harus dapat ikut terkait.

Dirinya juga memiliki harapan kepada para petani untuk dapat terlibat aktif dalam hal pembangunannya.

“Seperti yang ada di kawasan Lempuing, saluran-saluran cacing ini adalah karya besar Kementerian PU melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VII,” ucapnya.

“Hari ini kita panen IP 200 berikut peresmian penangkaran benih. Dengan adanya penangkaran benih ini petani tidak lagi dibelunggu harus memakai merk tertentu. Sekarang petani bisa menangkar sendiri dengan bimbingan petugas,” tuturnya.

Herman Deru juga nampak mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab OKI yang dianggap telah serius dalam memajukan sektor pertanian.

“Apa yang dilakukan petani OKI ini merupakan bentuk dukungan percepatan kembalinya Sumsel sebagai Lumbung Pangan Nasional,” tandasnya.

Sementara, Wagub Kabupaten OKI, H Jafar Sodiq juga menyampaikan, bahwa saat ini Pemkab OKI memiliki komitmen untuk memajukan sektor pertanian dengan memperhatikan segala bentuk kebutuhan dan keluhan petani.

“Terutama yang terkait dengan masalah benih, pupuk dan penanganan pasca panen lainnya. Pemkab OKI sejauh ini sudah membina penangkar benih yang saat ini jumlahnya sudah ada 13. Dengan luas sekitar 676,25 hektar yang mampu menghasilkan benih unggul bersertifikat sebanyak 6.405 ton,” tungkasnya. (**)

LAINNYA