Gambar_Langit

Humas dan Protokol Dinilai Memiliki Peran Penting

waktu baca 3 menit
Senin, 29 Jul 2019 20:00 0 202 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Guna menyamakan persepsi pandangan dan fungsi tugas-tugas dari keprotokolan, Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumatera Selatan adakan rapat koordinasi Bidang Keprotokolan Se-Sumatera Selatan.

Plt. Karo Humas dan Protokol, Iwan Gunawan Syaputra mengungkapkan, bahwa penyamaan persepsi pandangan dan fungsi tugas-tugas dari keprotokolan, memiliki fungsi yang sangat penting, baik dalam penyamaan visi misi untuk dapat bisa bekerjasama, sekaligus juga menjadi ajang silaturahmi antara mereka, karena mungkin selama ini belum mengenal satu sama lain sehingga mereka agak mengalami kesulitan koordinasi.

“Kita kumpulkan ini supaya mereka paham kaidah keprotokolan itu baik secara undang-undang keprotokolan serta juga tentang praktek-praktek di lapangan sehingga tidak terjadi bentur-benturan saat melaksanakan tugas,” ungkap Iwan di Hotel Swarna Dwipa, Senin (29/7).

Iwan juga menjelaskan, terkait kegiatan tersebut, diharapaknnya dapat saling berbagi permasalahan yang terjadi ketika menjalankan tugas di lapangan. Sehingga dapat bisa memecahkan masalah serta saling berbagi tips bisa mengatasi hal tersebut.

“Seperti salah satu contoh bahwa sulit mengatur SKPD dikomunikasi makanya kita kiat secara komunikasi etika dengan sopan, santun jangan merasa arogan menyampaikan aturan kita harus punya seninya tidak tersinggung mengikutinya sehingga acara itu lancar,” harapnya.

Dikatakan Iwan, akan ada narasumber dari pihak berkompeten dibidang keprotokolan dari kementrian dalam negeri dan luar negeri serta kehumasan, karena menjadi keharusan juga petugas protokol harus mengetahui bagaimana cara tugas dan fungsi humas serta membuat press release yang sering dibuat oleh kehumasan. “Karena seandainya tidak ada petugas humas di suatu acara mereka bisa memback up pekerjaan tersebut,” ucapnya.

Sementara, Asisten III, Edward Juliartha menyebutkan bahwa Biro Humas protokol kunci dari  cerita kesuksesan para pemimpin untuk menjalankan visi misinya baik di daerah yakni Bupati maupun Gubernur untuk menjalani roda pemerintahan.

“Humas dan protokol berbeda tetapi satu nafas yang berkaitan, namun teori administrasi kerjasama untuk mencapai tujuan proses pencapaian itu sama, tujuannya sama-sama melayani pimpinan, dengan mempunyai momentum atas eksistensi para petugas di humas protokol,” ungkapnya.

Protokol di setiap instansi maupun memiliki intensitas serta beban kerja yang tinggi karena tidak kenal waktu dan selalu berhubungan langsung dengan para tamu-tamu penting, walaupun. Demikian protokol dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya diharapkan selalu menunjukkan kinerja yang baik.

“Di samping itu kemampuan lain yang dituntut dimiliki seorang protokol adalah harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik tidak bersifat kaku dan mampu berinovasi,” ujarnya

Diharapkan Edwar dengan diadakannya rakor seperti ini dapat meningkatkan wawasan, kerja sama serta penyamaan persepsi dalam melaksanakan tugas fungsi sehari-hari.

Diketahui, para peserta Rapat Kordinasi hadir dari berbagai daerah di Sumatera Selatan dan juga para instansi vertikal seperti para BUMN dan BUMD di Sumsel, sebanyak 70 orang berpatisipasi mendapatkan pemaparan dari berbagai narasumber-narasumber. Kegiatan akan berlangsung selama 2 hari dimulai tanggal 29 Juli sampai 30 Juli 2019.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh seluruh instansi pemerintahan dan BUMD, BUMN dan dibuka langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Provinsi Sumsel Edward Juliartha, dan Plt. Karo Humas & Protokol Iwan Gunawan Syaputra. (ril)

LAINNYA