Gambar_Langit

Perkuat Sinergi, Kabupaten OKI dan Bangka Selatan Tandatangani Kesepakatan

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Jul 2019 17:29 0 86 Putra Pamungkas

Kayuagung, Pelita Sumsel – Guna menjalin sinergi antara Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Bangka Belitung guna mendukung percepatan pembangunan jembatan Sumsel-Babel, kedua Pemerintahan sepakati untuk melakukan penandatanganan kerjasama terkait pembangunan Daerah.

Adapun beberapa kesepakatan yang ditandatangani langsung oleh Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer bersama Wakil Bupati OKI H.M. Djakfar Shodiq tersebut, meliputi bidang perhubungan laut, administrasi kependudukan catatan sipil, pertanian, pariwisata serta perikanan.

“Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya terakhir di Kementrian PUPR, kita harus saling sinergi, serta saling menguatkan agar semua program pembangunan termasuk jembatan Bangka ke Sumsel dapat terlaksana dengan cepat dan baik, serta hasilnya segera dapat dirasakan oleh masyarakat Ogan Komering Ilir dan Bangka Selatan,” ungkap Wakil Bupati OKI, H.M. Djakfar Shodiq di Ruang Kerja Bupati Bangka Selatan di Tobo Ali, Jumat (26/07).

Dikatakan Dja’far Shodiq, bahwa terkait kerjasama tersebut, Pemkab OKI sangat mendukung rencana pembangunan jembatan yang akan kembali menyatukan Sumsel dengan Babel tersebut.

“Rencananya Insya Allah di Air Sugihan, itu lebih dekat. Pemkab OKI saat ini masih nego-nego. Kalau sudah ada rencana bangun jembatan, tentu kita harus siapkan akses jalan,” ujarnya.

Dja’far juga mengungkapkan, saat ini Dinas PU OKI sudah diatensikan untuk menindaklanjuti pembangunan akses jalan tembusan dari titik lokasi jembatan. Saat ini, pemerintah pusat akan mempersiapkan feasibility study (FS) pembangunan jembatan.

“Insya Allah kita mau se-segera mungkin, tapi belum bisa menentukan kapan. Tapi kami Pemkab OKI selalu mendukung pusat. Insya allah tahun 2020 sudah ada perencanaan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Selatan(Basel), H. Justiar Noer berharap implementasi perjanjian kerjasama akan mempercepat pembangunan baik di Kabupaten Bangka Selatan maupun di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut pada bidang dan sektor unggulang masing masing daerah,” harap Justiar

Justiar mengatakan, seiring wacana pembangunan Jembatan Bangka Sumatera (Bahtera) kedua daerah sepakat untuk mendukung dan melakukan persiapan-persiapan.

“Untuk akses jembatan (Bahtera) bahkan kami sudah buka jalan penghubung sepanjang 128 km ke sebagin. Jangka panjangnya jembatan tersebut akan terkoneksi dengan kawasan industri Sadai dan sekitarnya (KISS) dan minapolitan di bagian timur bahkan kita ingin Bangka terkoneksi ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS),” tutupnya (Sahilin)

LAINNYA