Gambar_Langit

Bentuk Mental Siswa Berkarakter, SMP Ini Libatkan TNI Dalam MPLS

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Jul 2019 08:17 0 146 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Martapura dilaksanakan dengan kegiatan memberikan materi tata tertib sekolah, pendidikan karakter, pengenalan lingkungan sekolah dan pengenalan berbangsa dan bernegara dengan melibatkan dari pihak TNI AD.

Kepala SMPN 1 Martapura Hj Sugiyani Natalia, M.Pd saat dijumpai mengatakan, dalam MPLS siswa baru didik untuk dapat segera beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, seperti terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari yang dimulai dari hari Senin hingga Rabu (15-17 Juli 2019).

“Kepada peserta didik baru jadikanlah sekolah ini sebagai rumah kedua kalian yang nyaman, aman, tenteram. Serta jalin kekeluargaan dalam meraih prestasi. Ikut menjaga lingkungan sekolah serta melakukan pola hidup bersih, sehat,” katanya saat dibincangi diruangan, Rabu (17/7).

Dia menerangkan, jika siswa disekolah sudah merasa nyaman secara tidak langsung akan mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Disamping itu pula juga harus melatih sifat kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan , kedisplinan Siswa.

“Interaksi positif dalam lingkungan sekolah dapat menumbuhkan sifat kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati. Dibidang ekskul itu langsung diperagakan masing-masing anggota ekskul dihadapkan siswa baru yang bertujuan untuk menarik minat siswa baru dalam mengikuti ekskul yang diminatinya,” katanya.

Sementara itu, Serka Muhamad Samsul Hidayat Anggota TNI AD dari Koramil Martapura selaku pemberi narasumber materi dalam MPLS ini mengatakan, dari pihak TNI sendiri ikut memberikan materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan meliputi Bhinneka Tunggal Ika, perundang undangan, pancasila, PBB. “Para siswa ini kita tanamkan sifat disiplin serta nilai-nilai wawasan kebangsaan, dengan bekal ini kedepan diharapkan dapat menjadi pelajar yang berprestasi menjadi kebanggaan sekolah maupun orang tua dan berguna bagi orang banyak,” ujarnya.(fah)

LAINNYA