Gambar_Langit Gambar_Langit

Hibahkan Lahan 10 Ha, Pemkab PALI Dukung Berdirinya Satuan Tempur Kompi Senapan

waktu baca 2 menit
Rabu, 17 Jul 2019 18:50 0 111 Admin Pelita

PALI, pelitasumsel – Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM, bersama Komandan Batalyon Infanteri 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa (Yonif 141/AJYP), Letkol (Inf) Aswin Suladi SSos MAk, meninjau lokasi yang direncanakan menjadi kompi untuk satuan Tempur Kompi Senapan, yang merupakan bagian dari Yonif 141/AYJP yang bermarkas di Muara Enim.

Bupati PALI menjelaskan bahwa pihaknya menghibahkan lahan seluas 10 hektare untuk dijadikan kompi bagi Yonif 141/AYJP, yang berlokasi di Desa Suka Damai, Kecamatan Talang Ubi, kabupaten PALI.

“Sebelumnya sudah ada pembicaraan terkait akan dibangunnya kompi di daerah tersebut. Lahan yang dihibahkan yaitu seluas 10 ha. Kita berharap, dengan dibangunnya kompi di daerah itu bisa meningkatkan keamanan untuk warga PALI. Karena, lokasi disana sangat strategis, dan kami rasa cocok untuk dibangun kompi,” ungkap Bupati, dilokasi Rabu (17/7/2019)

Sementara itu, Letkol (Inf) Aswin Suladi mengaku lahan yang disediakan oleh Pemkab PALI sangat cocok untuk dibangun Satuan Tempur Kompi Senapan.

“Secara geografis sangat cocok, disamping akses jalan yang sudah ada, serta sarana lainnya juga sudah ada, seperti listrik dan air. Apalagi, lingkungan disini tidak sepenuhnya hutan,karena tidak jauh dari sini sudah ada perkampungan warga,” kata Aswin Suladi.

Ditambahkannya, bahwa Satuan Tempur Kompi Senapan yang akan dibangun merupakan relokasi dari satuan yang ada di Bangka.

“Karena di Bangka sudah akan dibangun Batalyon. Untuk luas kompi yang dibutuhkan, maksimalnya 20 ha, serta minimalnya 7-10 ha,” imbuhnya.

Disinggung mengenai mulai kapan pembangunannya, Ia mengaku itu urusan pimpinan. Dirinya hanya mendapat tugas untuk mencari lahan pada tahun ini.

“Perencanaan sudah mulai dari sekarang, karena perintah cari lahan, tahun ini sudah dimulai. Namun untuk mulai kapan pembangunannya, itu masih menunggu perintah pimpinan selanjutnya,” tutupnya.

Akan dibangunnya kompi TNI AD di Desa Suka Damai, mendapat persetujuan dari masyarakat setempat. Seperti yang diutarakan Muslim (51), warga setempat yang ditemui di lokasi ketika Bupati dan Danyon Inf. 141/AYJP meninjau lokasi. “Saya sangat senang dan setuju dibangunnya kompi. Semoga bisa meningkatkan keamanan untuk masyarakat sekitar,” katanya.(Madon)

LAINNYA