Gambar_Langit Gambar_Langit

HUT Bhayangkara, Camat ini Minta Polisi Tetap Jadi Pelindung dan Pengayom Masyarakat 

waktu baca 2 menit
Selasa, 2 Jul 2019 20:18 0 145 Admin Pelita

Pagaralam, Pelita Sumsel – Tanggal 1 Juli 2019 diperingati oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73. Sejarah penamaan Bhayangkara sendiri berasal dari nama pasukan elite yang pernah dipimpin Mahapatih Gajah Mada pada zaman Kerajaan Majapahit di abad ke-14 Masehi.

Polres Pagaralam merupakan satu di antara Polres yang ada sumatera selatan memperingati Hut Bhayangkara yang ke 73 ini Polres Pagaralam juga menggelar berbagai kegiatan seperti Futsal, Gaplek, catur, Sunatan masal lomba azan serta kegiatan lainnya, pada tanggal satu juli yang lalu bhayangkara genap berusia 73 tahun berbagai ucapan pun hadir baik dari dinas, intansi, Toda, toga serta masyarakat yang semua mendoakan agar kedepan Polri tetap menjadi abdi masyarakat bagi rakyat indonesia.

Ahmad Ali ramadhan Camat Pagaralam Utara juga ikut memberikan ucapan atas hari yang sangat bersejarah bagi Polri kepada wartawan berita ini  selasa 02/07 Dadan sapaan akrab menjelaskan bagaimana istilah Bhayangkara pada akhirnya melekat dengan institusi Polri seiring berlakunya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946 yang diteken Presiden Sukarno.

“Sebelumnya, kepolisian dinaungi Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara dan hanya bertanggung jawab atas masalah administrasi, sedangkan untuk masalah operasional berada di bawah wewenang jaksa agung,” jelas Dadan.

Setelah Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946 diterapkan, dikutip dari buku Perkembangan Kepolisian di Indonesia (1952) karya M. Oudang, kepolisian bertanggung jawab langsung kepada perdana menteri terhitung sejak 1 Juli 1946. Maka itu, setiap 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara oleh segenap elemen polri di tanah air indonesia dan

“Saya atas nama camat Pagaralam utara mengucapkan selamat ulang tahun Bhayangkara yang ke 73 semoga polisi tetap menjadi pelindung dan pengayom masyarakat  Jayalah Polri,” Ujar Dadan yang ternyata istri nya juga seorang polisi yang dinas di polres Pagaralam ini.

Aceng

LAINNYA