Gambar_Langit

Anggarkan Rp 11 Miliar untuk Bantuan Permodalan

waktu baca 3 menit
Selasa, 2 Jul 2019 16:21 0 97 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel -Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H.Herman Deru menegaskan komitmennya untuk memberikan perhatian khusus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini dibuktikan Pemerintah Provinsi Sumsel telah menganggarkan dana sebesar Rp 11 Miliar guna membantu permodalan para pelaku usaha.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka hari UMKM Internasional 2019, acara yang diselenggarakan oleh International Council For Small Business Indonesia (ICBS) Wilayah Sumsel di Ballroom Grand Inna Daira Hotel, Selasa (2/7).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menegaskan, danya yang akan digelontorkan bersumber dari Deskripsi

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumsel melalui Dinas Sosial, dana tersebut akan cair tahun ini juga.

“Dari APBD lalu diberikan sesuai porsinya mungkin satu juta atau dua juta melalui dinas social. Pemprov Sumsel tinggal menunggu data konkrit-nya, kita tidak mau data ini data main-main dari kKabupaten/kota, tahun ini harus segera cair,” ungkapnya

Menurutnya Gubernur, wajib bagi Pemerintah, BUMN, BUMD, BUMS untuk memberikan perhatian lebih kepada pelaku UMKM, mengingat UMKM merupakan pelaku usaha yang terbanyak di Indonesia khususnya di Provinsi Sumsel. Seperti yang berkaitan dengan profesi sebagai petani, setelah itu petani meneruskan pada pelaku UMKM.

Orang nomor satu di Provinsi Sumsel ini pula menghimbau Perbankan untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tepat sasaran serta tidak dipersulitkan ini penting agar tidakj terjebak tipudaya para rentenir.

“Perhatian yang diberikan pada UMKM selama ini kita berikan apresiasi dan hari ini kita berikan penghargaan. Target kita keberhasilan ini tergambar dalam angka-angka. Yakni turunya angka kemiskinan di Sumsel,” katanya.

Sementara Ketua ICSB Provinsi Sumsel Rian Antoni dalam sambutannya mengatakan, International council for Small Business(ICSB) Indonesia merupakan organisasi nirlaba yang bepusat di Washington USA dengan jumlah anggota dan jaringan global di 85 Negara. ICSB merupakan lembaga yang berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM serta menyebarkan semangat kewirausahaan.

Menurutnya, Sebagai Organisasi yang didirikan oleh Kementerian Koperasi UKM RI, ICSB sangat berperan dalam perkembangan UMKM di Indonesia khususnya dalam bidang edukasi dan pelatihan, bidang riset, kordinasi dan sinkronisasi program dengan Pemerintah maupun Perusa haan baik BUMN,BUMD.dan Swasta, serta berperan dalam membangun jaringan serta penguatan asosiasi, organisasi, komunitas pelaku UMKM di Indonesia.

“Dalam kegiatan Hari UMKM Internasional yang diselenggarakan secara serentak pada tanggal 27 Juni 2019 di seluruh Dunia, ICSB Sumsel berupaya dengan semangat baru ingin memberikan hal-hal yang konkret dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM secara umum seperti Permodalan, Pemasaran, Packaging, Bahan Baku maupun ICSB berperanl dalam memfasilitasi kesejahteraan pelaku umkm dengan berbagai kemudahan akses termasuk fasilitas perumahan,” tuturnya

Dikatakannya ICSB memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Perusahaan, Instansi, organisasi yang peduli dan berkontribusi dalam pengembangan UMKM di Sumsel.

“Khususnya penghargaan kita berikan pada pak gubernur dalam pemberdayaan masyarakat khususnya UMKM dalam rangka pengentasan kemiskinan di Sumsel,” pungkasnya (Ril/Fir)

LAINNYA