Gambar_Langit

Tiba di Palembang, Irjen Pol Firli Ungkap Cara Atasi Karhutla

waktu baca 2 menit
Rabu, 26 Jun 2019 18:10 0 97 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli tiba di Palembang disambut okeh seluruh jajaran pimpinan Polda Sumsel dan Kapolres se Sumsel dalam acara prosesi penyambutan di Mapolda Sumsel Rabu (26/6).

Dalam pernyataan awal Sebagai Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli akan terus mewujudkan kepolisian yang profesional modern dan terpercaya sesuai dengan lima kebijakan dan sebelas program Kapolri.

“Saya kira inilah yang akan kami kerjakan sambil melakukan evaluasi dimana kalau memang ada yang belum terlaksana dengan baik akan segera diperbaiki,”ujar Irjen Pol Firli usai acara prosesi penyambutan di Mapolda Sumsel Rabu (26/6).

Menurutnya, sebagaimana diketahui segala gangguan keamanan dan ketertiban sangat ditentukan oleh masyarakat itu sendiri, termasuk kebakaran hutan dan lahan untuk penghentiannya hanya bisa dilakukan pendekatan preventif. Tetapi ada dua hal yang lebih penting, masyarakat juga harus terlibat dalam menghentikan kebakaran hutan dan lahan.

“Karena kalau bicara teori pencegahan Karhutlah itu ada dua yang pertama teori struktural dimana seluruh elemen masyarakat harus terlibat dalam pencegahan. Yang kedua pencegahan secara formal menggerakkan yang sudah ada,”bebernya.

Saat disinggung kejahatan jalanan di Sumsel yang masih mendominasi, mantan Deputi penindakan KPK tersebut menyebut kejahatan jalanan ditimbulkan dari produk masyarakat itu sendiri. Untuk mencegahnya tidak hanya dari kepolisian saja. Kita harus tanya ke pemerintah daerah apa yang sudah dilakukan nya untuk mencegah kejahatan apakah ada kekurangan tenaga kerja.

“Apakah mereka sudah menyediakan lapangan kerja yang cukup ini yang harus dijawab bukan hanya adanya kejahatan jalanan saja kedepannya kita harus bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat dan seluruh stake holder,”pungkasnya.(YF)

LAINNYA