Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Kuryana Ajak Masyarakat Aktif Donor Darah Secara Rutin

Kuryana Ajak Masyarakat Aktif Donor Darah Secara Rutin

OKU, Pelita Sumsel – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar kegiatan Donor darah dan apek bersama dengan para relawan PMI dan masyarakat yang menjadi relawan donor darah. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 juni.

Apel yang digelar di halaman Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI OKU di pimpin langsung oleh Bupati OKU,Drs.H.Kuryana Azis yang juga menjabat sebagai ketua PMI OKU. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UTDC PMI OKU dr.Doddy Numirsyah.Sp.B, Sekretaris PMI OKU, Yunizir Djakfar,S.Sos perangkat OPD dan para relawan.

Dalam sambutannya Bupati OKU mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan seluruh relawan PMI OKU sebagai pejuang kemanusiaan yang dengan penuh keikhlasan mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

Dengan peringatan hari donor darah sedunia ini Kuryana berharap dapat menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan dan juga untuk mensosialisasikan kepentingan donor darah kepada masyarakat.

“untuk seluruh masyarakat mari berpartisipasi secara aktif mendonorkan darah nya secara rutin,” ajaknya.

Pada kesempatan itu juga Kuryana memberikan apresiasi berupa Piagam Penghargaan kepada Lembaga/Instansi/Perusahaan yang telah memberikan dedikasinya dalam kegiatan donor darah dengan sukarela secara rutin.

Sementara itu, Kepala UTDC PMI OKU dr.Doddy Numirsyah.Sp.B yang dibincangi usai apel menargetkan pada peringatan hari donor darah sedunia ini dapat mengajak relawan pendonor sebanyak-banyaknya, hal ini untuk menambah dan menjaga kebutuhan stock darah di UTDC PMI OKU. “Target sebanyak-banyaknya, tapi kalau tadi sudah ada 50 pendonor yang mendaftar,” kata Doddy.

Di OKU sendiri disebutkan Doddy membutuhkan sekitar 300-400 kantong darah setiap bulannya. Jumlah ini menurtnya masih bisa teropenuhi oleh UTDC PMI OKU. “Namun rata-rata donor darah untuk pasien masih didominasi oleh pendonor keluarga,” Ungkapnya.

Pihak UTDC PMI OKU juga dikatakan Doddy rutin mengadakan aksi donor darah masal diperusahaan/Dinas/ Isntansi di OKU, serta juga mendatangi Desa Siaga yang menjadi Desa binaan donor darah UTDC PMI OKU. selain itu untuk memenuhi kebutuhan darah di OKU pihaknya juga mempunyai relawan pendonor tetap atau rutin yang bisa dihubungi jika diperlukan. “Yang paling sulit itu pendonor darah AB karena jarang atau cuma sedikit,” Tukasnya. (KBT)

Advertisement