Gambar_Langit Gambar_Langit

Pastikan Stok BBM Aman Jelang dan Pasca Lebaran

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Mei 2019 21:02 0 94 Admin Pelita

Kayuagung OKI, Pelita Sumsel –  Diperkirakan menjelang H-7 dan H+2 lebaran 1440 H akan terjadi lonjakan arus mudik serta arus balik, maka dipastikan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) juga akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Supervisor SPBU 24.306.169, Saudi Alpiyan, menjelaskan, dalam mengantisipasi tingginya kebutuhan konsumsi BBM menjelang arus mudik hingga usai Idul Fitri, pihaknya bersama Pertamina telah melakukan sejumlah pemetaan dan prediksi kebutuhan masyarakat.

Ia juga mengatakan, Pertamina juga telah membentuk satgas untuk memantau peningkatan dan kebutuhan energi,

“Kita memastikan untuk SPBU Celikah sendiri, stok BBM aman.
Berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya, dari analisa tren konsumsi pasti cenderung meningkat. Kami juga sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, kami juga menyiapkan satgas monitoring BBM,” ungkapnya.

SPBU yang lokasinya di Jalan Lintas Timur, tepatnya di Desa Celikah tersebut menurut Saudi, menjelang lebaran ini pihaknya juga melakukan serangkaian kegiatan rutin yakni, pengecekan mesin dan beberapa peralatan yang akan menghambat kinerja pendistribusian BBM.

“Standar prosedur sebagai operator distribusi BBM tetap dipenuhi, terlebih saat menjelang sebelum dan setelah masa arus mudik,” ungkapnya.

Hal lain yang menjadi perhatian pihaknya yakni, kenyamanan dan keamanan konsumen. Dia mengatakan, peningkatan volume pengunjung berpotensi dimanfaatkan pelaku kriminal dalam menjalankan aksinya.

“Rest Area yang telah dipersiapkan bagi pengemudi beristrahat sebelum melanjutkan perjalanan memang cenderung ramai, yang berpotensi rawan kejahatan. Kami juga mengimbau agar mereka tetap hati-hati dan tetap waspada untuk menjaga barang bawaannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Marketing Operasional Regional II, Sumatera Bagian Selatan merilis persiapan menjaga kelancaran distribusi energi dan layanan selama Ramadan dan Idul Fitri.

Seluruh Terminal BBM di wilayah Sumbagsel akan stand by selama 24 jam. Selain itu, di setiap TBBM juga sudah disiapkan tambahan mobil tangki (MT) untuk melayani masyarakat diluar penyaluran normal.

Secara keseluruhan, untuk wilayah Sumatra Selatan, konsumsi BBM selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri juga akan mengalami peningkatan.

Untuk saat ini, prediksi peningkatan untuk BBM jenis Gasoline di Sumatra Selatan diperkirakan mencapai 15 persen. Peningkatan konsumsi tertinggi diperkirakan terjadi pada jenis BBM Pertamax Turbo sebanyak 42 persen, lalu Pertalite 22 persen, Pertamax 21 persen serta Premium 24 persen.(Sahilin)

LAINNYA