Gambar_Langit Gambar_Langit

Mau Sekolah di SMAN 3 Kayuagung ini Jadwal dan Syaratnya.

waktu baca 3 menit
Selasa, 30 Apr 2019 10:28 0 233 Admin Pelita

OKI, Pelita Sumsel  – Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Unggulan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) Provinsi Sumatera selatan akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sugiyono kepala sekolah mengatakan, ppdb penerimaan peserta didik baru tertunda karna adanya kebijakan Gubernur akan meregulasikan 27 sekolah yang berbayar, di-sk-kan boleh memunggut spp sampai 1juta.

“Dan sekolah kita masuk dalam regulasi tersebut,”ungkapnya, pada hadirin undangan purnawisuda angkatan 17sman 3 Kayuagung dihalaman sekolah, Senin, 29/4/2019

Lebih lanjut Sugiyono mengatakan, selain itu Sekolah berbayar yang diregulasikan nama unggulan akan diganti yang esepsinya unggulan yakni sekolah rujukan.

“Kita melakukan itu, coba lihat dipapan merk sekolah tersebut,” urainya.

Ditambahkannya Ppdb nanti, untuk jalur undangan bagi yang punya piagam dan menang dijadwalkan pada tanggal 2 dan 4 Mei ini.Batasan nilai 88 untuk pmpa,,”jelasnya.

Lotterba waksek humas menambahkan, “untuk lebih jelas silahkan buka web sekolah,”ujarnya.

Diitahun Pelajaran 2019/2020, SMAN 3 Kayuagung menerima siswa melalui 2 jalur pendaftaran, jalur PMPA (Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik) mulai tanggal 2 – 4 Mei 2019 dan jalur Tes Potensi Akademik tanggal 7 – 11 Mei 2019.

Persyaratan Umum yang harus dilampirkan, warga negara Indonesia, taat beragama sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter, tercatat sebagai peserta didik kelas IX SMP/MTs pada tahun pelajaran 2018/2019, berusia maksimal 17 tahun pada 15 Juli 2019 (dibuktikan dengan fotokopi KK/ akte kelahiran), pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 5 lembar (latar merah untuk laki-laki dan latar biru untuk perempuan) tuliskan nama dan asal sekolah pada bagian belakang, fotokopi rapor yang telah dilegalisir (semester I – V) dengan membawa dan menunjukkan aslinya, fotokopi akte kelahiran/ kartu keluarga (KK), fotokopi Ijazah SD dan Ijazah SMP/ MTs (surat keterangan telah mengikuti Ujian Nasional dari sekolah), fotokopi kartu keluarga sejahtera (KKS) atau Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) dengan membawa dan menunjukkan aslinya bagi keluarga yang tidak mampu untuk mengajukan keringanan/gratis sumbangan pelaksanaan pendidikan (SPP).

Dan untuk jalur pendaftaran ,untuk jalur PMPA (Penelusan Minat dan Potensi Akademik) yakni jalur prestasi dengan sistem undangan untuk SMP/MTs yang terakreditasi A dan terakreditasi B.
Syarat Jalur PMPA adalah sebagai berikut, memiliki surat rekomendasi dari kepala SMP/MTs, memiliki sertifikat/piagam penghargaan prestasi bidang akademik dan non-akademik seperti : OSN, O2SN, FLS2N, Popda/ Porprov/ Pornas, Lomba Tingkat (LT) Pramuka, Jambore Nasional Pramuka, MTQ dan Lomba Cerdas Cermat (LCC) sebagai Juara 1, 2 dan 3 Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. (daftar skor penilaian terlampir)Hafidz Alquran minimal 3 juz yang dibuktikan dengan sertifikat dari penguji. Ranking paralel/umum 1, 2 dan 3 pada kelas VII atau kelas VIII atau IX di sekolah asal. Jika tidak memiliki piagam prestasi pada poin 2, 3, dan 4 di atas, calon peserta didik memiliki nilai rata-rata rapor semester I – V untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris,matematika,dan IPA ≥ 88,

Melakukan verifikasi berkas dengan membawa persyaratan umum di sekretariat PPDB SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung pada tanggal yang ditetapkan Jalur Tes Potensi Akademik

Jalur Mandiri adalah jalur untuk mengikuti tes tertulis terdiri dari 2 paket soal, paket A (25 soal Bahasa Indonesia dan 25 soal Bahasa Inggris) dan paket B (25 soal Matematika, 12 soal Fisika dan 13 soal Biologi).

Syarat Jalur Mandiri adalah sebagai berikut , mendaftar dan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui website sman3-kag.sch.id. Memiliki nilai rata-rata rapor semester I – V untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika,dan IPA ≥ 78. Selanjutnya melakukan verifikasi berkas dengan membawa persyaratan umum di sekretariat PPDB.(sahilin)

LAINNYA