Gambar_Langit

Serahkan DD 245 Miliar, Bupati Harapkan Percepatan Pembangunan Ekonomi

waktu baca 2 menit
Rabu, 24 Apr 2019 23:10 0 88 Admin Pelita

Pelita Sumsel, OKU Timur – Sebanyak 305 Desa yang ada di Kabupaten OKU Timur mulai menerima pencairan Dana Desa (DD) yang dilakukan secara bertahap.

Selain dana desa pada kesempatan itupula dilakukan penyerahan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diserahkan kepada 305 Kepala Desa dari 20 kecamatan. Penyaluran dana desa ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi, di aula SMA Negeri 1 Belitang pada Kamis (4/4/2019).

Bupati saat memberikan sambutan

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya dana desa ini pemerintah pusat berharap adanya percepatan pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di desa, terutama pembangunan di daerah pingiran atau perbatasan.

“Sehingga akan berdampak pada menurunnya angka kemiskinan dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Bupati juga menegaskan, dirinya tidak mau ada Kades yang berurusan dengan penegak hukum karena menyalahgunakan dana desa. Terlebih Bupati sudah berkordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk langsung memeriksa jika ada kepala desa yang menyalahgunakan penggunaan dana desa.

“Jadi kalau Kades terbukti bersalah ya harus siap diperiksa oleh pihak kepolisian dan kejaksaan dan mempertanggungjawabkan jika terbukti menyalahgunakan dana desa,” tegasnya.

Kepala Dinas PMD Rusman

Ditambahkan bupati, untuk pencairan dana desa dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pertama sebesar 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga sebesar 40 persen. “Jadi nanti penyalurannya bertahap, tidak sekaligus di salurkan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Rusman SE MM menambahkan, melalui penyaluran Dana Desa dan ADD diharapkan mampu meningkatkan dan menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Adapun Dana Desa yang disalurkan, untuk dana desa sebesar Rp 245 miliar yang bersumber dari pusat untuk 305 desa di 20 kecamatan. Sedangkan ADD sebesar Rp 99,062 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten untuk 305 desa di tambah 20 desa pemekaran.

Kades SE OKU Timur penerima DD dan ADD

“Dana Desa yang bersumber dari APBN ini akan disalurkan ke desa secara bertahap, kemudian besar kecilnya dana desa tergantung dari luas wilayah dan jumlah penduduk serta letak geografis desa. Jadi pembagian dana desa bervariasi dan penggunaannya harus sesuai dengan peruntukannya,” ujar Rusman. (adv)

LAINNYA