Gambar_Langit

Palembang Terima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Tahun 2019

waktu baca 3 menit
Rabu, 24 Apr 2019 12:11 0 106 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pemerintah Kota Palembang kembali menorehkan prestasi di bidang pembangunan. Pemerintah Kota Palembang kembali mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Tahun 2019 sebagai Kota Terbaik I Dalam Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru pada Pembukaan  Musyawarah  Perencanaan Pembangunan  Rencana  Kerja Pembangunan  Daerah (Musrenbang RKPD)  Provinsi  Sumatera Selatan  Tahun  2019, Rabu (24/4). Palembang menjadi satu-satunya kota di Sumsel  yang menerima piala penghargaan tersebut.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, mengucapkan selamat kepada Kota dan Kabupaten penerima penghargaan. Menurutnya, kota dan kabupaten penerima penghargaan akan mewakili Sumsel di tingkat nasional.

“Perencanaan adalah sesuatu yang penting, sebab sebuah program pembangunan akan sukses bila melalui perencanaan yang baik,” ujar Herman Deru.

Dalam sambutannya, dirinya menjelaskan, Musrenbang dengan  Tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pengurangan  Kemiskinan melalui Peningkatan  Ekonomi Kerakyatan,  Kualitas  Infrastruktur,  dan Sumber  Daya  Manusia” sangat penting karena melalui kegiatan tersebut dapat merencanakan target pembangunan daerah. Menyepakati arah kebijakan pembangunan, indikator, serta penyelarasan pembangunan. Sehingga arah kebijakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan nyata.

Dijelaskannya, penurunan angka kemiskinan merupakan fokus dan prioritas pembangunan di Sumsel. Fokus ini ditandai dengan adanya komitmen dari seluruh walikota dan bupati untuk menurunkan kemiskinan di bawah satu digit. Oleh karena itu perlu ada sinergi dan sinergi program antara provinsi dan kota untuk melakukan pembangunan secara cepat.

Pada kesempatan itu dilakukan Launching Si Gertak Plus yaitu  Sistem Informasi  Gerakan Aksi Terpadu Aplikasi  Penanggulangan Kemiskinan. Aplikasi ini untuk mendorong percepatan penanggulangan kemiskinan hingga di bawah satu digit.

Sementara itu Walikota Palembang H Harnojoyo menyambut baik keberhasilan Kota Palembang meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Tahun 2019 sebagai Kota Terbaik I Dalam Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah. Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan motivasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus memacu peningkatan rencana pembangunan di masa mendatang.

Dirinya mengatakan, perencanaan pembangunan di Kota Palembang telah disusun berdasarkan realita kebutuhan pembangunan, dengan menyerap aspirasi masyarakat. “Penyusunan perencanaan pembangunan akan dapat terlaksana baik dengan ikut menyertakan penyerapan aspirasi masyarakat. Ini sudah kami lakukan dengan turun langsung menyerap aspirasi masyarakat.”

Ditambahkannya, pesatnya pembangunan di Kota Palembang tidak terlepas dari peran aktif pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Dirinya berpesan, pelaksanaan pembangunan harus senantiasa mengedepankan fungsi pengawasan, sehingga terselenggara secara berkelanjutan dengan tetap berada pada koridor yang semestinya.

Penghargaan Pembangunan Daerah Sriwijaya bertujuan untuk mendorong setiap daerah (kabupaten/kota) untuk menyiapkan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan. Juga bertujuan untuk menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik dan bermutu.

Objek ruang lingkup penilaian penghargaan ini meliputi Dokumen RKPD, proses penyusunan RKPD, dan pencapaian pelaksanaan dokumen RKPD. Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap inovasi yang dikembangkan, serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah. (*/WH)

LAINNYA