Gambar_Langit Gambar_Langit

Soal Distribusi Logistik Pemilu 2019 di OKi, KPU Minta Bantuan ke Pemerintah dan Swasta

waktu baca 3 menit
Selasa, 2 Apr 2019 10:46 0 97 Admin Pelita

Kayuagung OKI, Pelita Sumsel — Mengingat luas dan kondisi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) saat ini, dikhawatirkan akan sedikit menyulitkan petugas dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2019, apalagi dimusim hujan dan cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri dalam pendistribusian logistik, terutama di kawasan perairan.Mengantisipasi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKI mengharapkan, agar pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI maupun pihak perusahaan turut membantu pendistribusian logistik untuk Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Distribusi ini salah satu tahapan yang penting. OKI sebenarnya bukan tempat yang rawan (secara nasional), OKI berpotensi jadi rawan dengan akses distribusi yang kita lihat seperti saat ini,” kata Ketua KPU OKI, Deri Siswandi.

Menurut Deri, terkait kekhawatiran dalam mendistribusikan logistik tersebut telah disampaikan hingga ke provinsi dan pusat.“Ke depan kami sangat mengharapkan partisipasi pihak swasta (perusahaan), yang mana sudah diidentifikasi di wilayahnya ada jalur transportasi akses antar desa dan kecamatan yang jalurnya rusak atau sulit dilalui baik di jalur darat, sungai, maupun laut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Deri, di beberapa kecamatan kerap terdapat akses desa yang diportal oleh masyarakat, itu untuk membatasi kendaraan yang lewat dengan tonase besar. Dalam hal, Deri berharap, agar pihak kecamatan dapat membantu menyampaikan kepada pihak desa. Artinya kalau memang ini terjadi, aset desa atau jalan desa bisa dilalui oleh logistik pemilu.

“Kami mengharapkan betul baik pihak pemerintah maupun pihak perusahaan agar dapat berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu ini. Salah satunya dalam proses distribusi logistik, tidak hanya menggunakan jalur darat tapi juga melalui jalur laut atau sungai,” jelasnya.

Untuk logistik ini sendiri, menurut Deri memang sedikit berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya, khususnya dalam hal material kotak suara yang cenderung lebih ringan. Namun meski lebih ringan ini lebih rentan. Untuk itu logistik yang terdiri dari surat suara, kotak suara, bilik hingga alat pencoblosan akan dikemas seaman mungkin.Sekda OKI, H Husin SPd MM menuturkan, memang waktu pemilu 2019 sudah semakin dekat, sehingga berbagai persiapan juga sudah mulai harus dilakukan.

Untuk proses distribusi, diakui Husin, kondisi jalan di OKI saat ini memang cukup banyak yang kondisinya bisa menyulitkan distribusi logistik.“Tidak menutup kemungkinan pengiriman logistik akan mengalami hambatan, untuk itu harapan kami seharusnya pihak perusahaan bisa membantu atau mengizinkan akses mereka bisa digunakan, jika memang diperlukan saat pendistribusian. Jangan sampai ada truk atau mobil logistik yang terhambat sampai satu hari atau lebih,” tegasnya.

“Suksesnya pemilu ini bukan hanya tergantung KPU, tapi juga Pemerintah dan swasta (perusahaan). Maka dari itu kita juga mengundang perwakilan dari perusahaan. Kita semua tahu Kabupaten OKI yang luas dan beragam tentu, dalam mengantarkan logistik akan ditemukan masalah. Apalagi sekarang musim hujan dan banyak jalan rusak, sehingga butuh bantuan dari perusahaan dalam hal pemanfaatan jalan sebagai alternatif,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Sekda mengintruksikan bawahannya untuk turut bersama menyukseskan hajat lima tahunan tersebut. Yakni mengantisipasi adanya gangguan/kekacauan dalam Pemilu di Bumi Bende Seguguk.“Saya mengajak agar semua bertekad mensukseskan pemilu ini. Kita sudah pernah mensukseskan Pilkada serentak 2018 lalu, jadikan itu sebagai pengalaman, pelajaran dan evaluasi,” kata Husin.

Husin mengatakan, pemilu ini bisa terlaksana dengan sukses jika semua pihak sepakat dan berkomitmen untuk turut mensukseskan. Dengan komitmen ini, menurut Sekda, semua pihak bisa mencegah kekacauan, agar pemilu ini bisa terlaksana dengan sukses.“Cegah tangkal berbagai bentuk penyimpanan, terutama ditingkat TPS, selain itu Pemilu ini bisa terlaksana dengan baik bila ada transparansi dari pelaksanaan. Tolong jangan ada keberpihakan kita kapada salah satu calon, kalau sudah ada keberpihakan ini akan jadi salah satu potensinya,”tandasnya. (Sahilin)

LAINNYA